Daftar Obyek Wisata di Provinsi Lampung

Lampung adalah sebuah provinsi paling selatan di Pulau Sumatera, Indonesia, Ibukotanya terletak di Bandar Lampung. Provinsi ini memilki 2 Kota dan 13 Kabupaten. Kota yang dimaksud adalah Kota Bandar Lampung dan Kota Metro. Disebelah utara berbatasan dengan Bengkulu dan Sumatera Selatan.

Tahun 2009 Pemerintah Provinsi Lampung mencanangkan tahun kunjungan wisata. Jenis Wisata yang dapat dikunjungi di Lampung adalah Wisata Budaya di beberapa Kampung Tua di Sukau, Liwa, Kembahang, Batu Brak, Kenali, Ranau dan Krui di Lampung Barat serta Festival Sekura yang diadakan dalam seminggu setelah Idul Fitri di Lampung Barat, Festival Krakatau di Bandar Lampung, Festival Teluk Stabas di Lampung Barat, Festival Teluk Semaka di Tanggamus, dan Festival Way Kambas di Lampung Timur.


Tempat wisata di Provinsi Lampung meliputi: Pulau Pahawang, Anak Gunung Krakatau, Air Terjun Putri Malu, Air Terjun Curup Tujuh, Menara Siger, Pantai Pasir Putih, Lampung, Pulau Condong, Teluk Kiluan, dan Pesisir Kalianda. berikut ini penjelasannya


Taman Nasional Way Kambas

Gajah di Taman Nasional Way Kambas, Lampung
Taman Nasional Way Kambas
Taman Nasional Way Kambas adalah taman nasional perlindungan gajah yang terletak di daerah Lampung tepatnya di Kecamatan Labuhan Ratu, Lampung Timur, Indonesia. Selain di Way Kambas, sekolah gajah (Pusat Latihan Gajah) juga bisa ditemui di Minas, Riau. Gajah Sumatera (Elephas maximus sumatranus) yang hidup di kawasan ini semakin berkurang jumlahnya. Taman Nasional Way Kambas berdiri pada tahun 1985 merupakan sekolah gajah pertama di Indonesia. Dengan nama awal Pusat Latihan Gajah (PLG) namun semenjak beberapa tahun terakhir ini namanya berubah menjadi Pusat Konservasi Gajah (PKG) yang diharapkan mampu menjadi pusat konservasi gajah dalam penjinakan, pelatihan, perkembangbiakan dan konservasi. Hingga sekarang PKG ini telah melatih sekitar 300 ekor gajah yang sudah disebar ke seluruh penjuru Tanah Air. Di Way Kambas juga tedapat International Rhino Foundation yang bertugas menjaga spesies badak agar tidak terancam punah.

Mengenai Flora dan Fauna, di Taman Nasional Way Kambas ini terdapat hewan yang hampir punah di antaranya Badak sumatera, Gajah Sumatera, Harimau sumatera, Mentok Rimba, Buaya sepit. Untuk tanaman banyak diketemukan Api-api, Pidada, Nipah, pandan. Di bagian pesisir Taman Nasional Way Kambas yang berawa juga sering ditemukan berbagai jenis burung antara lain Bangau Tongtong, Sempidan Biru, Kuau raja, Burung Pependang Timur, dan beberapa burung lainnya.


Pulau Pahawang, Marga Punduh, Pesawaran

Pulau Pahawang
Pulau Pahawang
Pulau Pahawang adalah desa dan pulau di kecamatan Marga Punduh, Kabupaten Pesawaran, Lampung, Indonesia.Pulau ini terletak lepas Teluk Punduh. Jalan Raya Bumi Sari Natar Gang Bima Ruko Orange memiliki sejuta pesona yang tidak kalah menarik dengan obyek lainnya. Saat ini Pulau ini mulai sering dimasukkan dalam setiap penawaran paket wisata yang ada di Lampung. Paket wisata ke tempat ini menjamur, terbukti karena sudah sering ditawarkan oleh biro perjalanan wisata yang memanfaatkan pesona bawah lautnya sebagai daya tarik yang sering ditawarkan pada wisatawan negeri maupun mancanegara.


Anak Gunung Krakatau

Anak Gunung Krakatau- Rakata
Anak Gunung Krakatau
Krakatau adalah sebuah warisan alam yang luar biasa yang membentuk sebuah kepulauan di Selat Sunda antara Pulau Jawa dan Sumatera. Secara administratif, Krakatau terletak di dalam kecamatan Rajabasa, Lampung Selatan, provinsi Lampung.

Mulai pada tahun 1927 atau kurang lebih 40 tahun setelah meletusnya Gunung Krakatau, muncul gunung api yang dikenal sebagai Anak Krakatau dari kawasan kaldera purba tersebut yang masih aktif dan tetap bertambah tingginya. Kecepatan pertumbuhan tingginya sekitar 0.5 meter (20 inci) per bulan.

Kegiatan lain yang dapat dilakukan di sekitar kompleks cagar alam Gunung Krakatau:
  • Wisata Pulau Sertung, di sini selain mengagumi pemandangan yang menakjubkan, Anda dapat berenang, menyelam, dan berselancar.
  • Wisata Rakata, Anda dapat melakukan aktivitas panjat dinding sebagai tambahan variasi kegiatan.
  • Panjang, berlokasi di barat daya pulau dimana Anda dapat menemukan sebuah terumbu karang yang masih alami bersama dengan koleksi indah ikan dan kehidupan laut lainnya.
  • Wisata Anak Krakatau, daya tarik utama dari seluruh cagar alam ini adalah Anak Krakatau. Menawarkan sensasi tersendiri bagi ilmuwan dan wisatawan. Selain penelitian ilmiah dan pengamatan, Anda juga bias menginjakkan kaki di daerah tersebut dan merasakan pasir vulkanik panas.

Air Terjun Puteri Malu

Air Terjun Puteri Malu
Air Terjun Puteri Malu
Air terjun putri malu terletak di Kampung Juku Batu, Kecamatan Banjit, Kabupaten Way Kanan, Provinsi Lampung. Air Terjun Putri Malu terletak di ketinggian sekitar 100 m di atas permukaan laut. Tetes air yang jatuh itu, berbentuk melengkung menyerupai punggung manusia yang sedang mandi. Dan hal tersebutlah yang mendasari air terjun ini dinamakan “Putri Malu”.

Di dekat Air Terjun Putri Malu terdapat tempat wisata juga yaitu Sumber Air Panas yang terletak di Kampung Jukuh Batu Banjit, bersebelahan dengan aliran Sungai Neki yang berbatu nan indah. Tempatnya berjarak sekitar 3 kilometer dari Kampung Cukuh Bat.


Air Terjun Curup Tujuh

Air terjun Curug tujuh
Air Terjun Curup tujuh
Curup tujuh adalah air terjun 7 tingkat dengan total ketinggian mencapai 75 meter di aliran Sungai Way Seputih. Lokasi Terletak di kawasan Hutan lindung Register 39 (Kota Agung Utara, Secara administratif berada di Kabupaten Lampung Tengah Propinsi Lampung. Air terjun Curup Tujuh memiliki Peta dan Koordinat GPS: 5° 5' 21.86" S 104° 44' 45.18".

Letak Air terjun ini berjarak sekitar 32 km atau 2 jam waktu tempuh dari ibu kota kabupaten Lampung Tengah, Gunung Sugih atau sekitar 135 kilometer dari Bandar Udara Radin Inten II dengan menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat sampai ke akses utama di kampung Margajaya Kecamatan Selagai Lingga Kabupaten Lampung Tengah dan dilanjutkan dengan berjalan kaki atau dengan Sepeda Motor trail sewaaan menuju batas hutan lindung dimana air terjun tersebut berada.

Fasilitas yang ada adalah lokasi perkemahan dan kegiatan pecinta alam.


Menara Siger

Menara Siger
Menara Siger
Menara Siger adalah menara yang juga menjadi titik nol Sumatra di selatan. Menara Siger merupakan kebanggaan masyarakat Lampung, berada di atas bukit dengan ketinggian 110 meter di atas permukaan laut dengan lantai berjumlah enam.

Menara Siger ber lokasi di Bukit Gamping, Kecamatan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan. Dengan alamat: Jalan Raya Trans Sumatra, Kecamatan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan.

Di sekitar tugu dibangun ruang-ruang yang menampilkan budaya Lampung serta sarana-prasarana pariwisata. Sebagai tugu di ujung Pulau Sumatera, Menara Siger dilengkapi dengan tulisan penanda Titik Nol Pulau Sumatera. Menara Siger dengan warna emas itu dilengkapi ruangan tempat wisatawan melihat Pelabuhan Bakauheni serta keindahan panorama laut dan alam sekitarnya.

Siger adalah topi adat pengantin wanita Lampung. Menara Siger berupa bangunan berbentuk mahkota terdiri dari sembilan rangkaian yang melambangkan sembilan macam bahasa di Lampung. Menara Siger berwarna kuning dan merah, mewakili warna emas dari topi adat pengantin wanita. Bangunan ini juga berhiaskan ukiran corak kain tapis khas Lampung.

Bagunan berisi data asta gatra, yaitu trigatra mencakup letak geografis, demografis dan kekayaan sumber daya alam (SDA). Berikutnya panca gatra, yaitu berisi ideologi dan hankam. Dengan demikian para turis tidak perlu banyak bertanya.

Payung tiga warna (putih-kuning-merah) menandai puncak menara. Payung ini sebagai simbol tatanan sosial. Dalam bangunan utama Menara Siger Prasasti Kayu Are sebagai simbol pohon kehidupan.


Pantai Pasir Putih

Pantai Pasir Putih Lampung
Pantai Pasir Putih Lampung
Pantai Pasir Putih Lampung adalah tempat wisata pantai yang terletak di Rangai Tri Tunggal, Katibung, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung. antai Pasir Putih Lampung merupakan salah satu pantai yang paling mudah dijangkau di Kota Bandar Lampung. Lokasinya yang ada di pinggir jalan lintas Sumatera, membuat pantai ini menjadi salah satu destinasi wisata yang mudah dikunjungi.

Meskipun terletak di Kabupaten Lampung Selatan, pantai ini ternyata lebih dekat dijangkau dari Kota Bandar Lampung, sekitar 20 km saja. Lokasi Pantai Pasir Putih Lampung juga berdekatan dengan perbatasan antara Lampung Selatan dan Kota Bandar Lampung di daerah Panjang.

Untuk dapat menuju ke sana, kita dapat mengikuti rute menuju Pantai Pasir Putih dari Kota Bandar Lampung, anda tinggal jalan saja menuju arah Bakauheni/Panjang. Setelah melewati Panjang, kemudian Tarahan, melewati PT Hanjung dan juga Nescafe, akan ada Tugu atau Gapura Perbatasan antara Bandar Lampung dan Lampung Selatan. Dari Tugu Perbatasan ini masih jalan lagi, sudah tidak jauh. Nanti di sebelah kanan jalan akan ada Gapura masuk menuju Pantai Pasir Putih Lampung.


Pulau Condong

Pulau Condong
Pulau Condong termasuk wilayah Desa Tarahan, Kecamatan Katibung, Lampung Selatan. Pulau ini tidak memiliki penghuni tetap dan pariwisatanya masih dikelola secara swadaya oleh masyarakat. Hanya ada beberapa kios makanan yang dimiliki oleh warga di sekitar kawasan Pantai Pasir Putih. Jasa penyewaan perahu pun merupakan usaha sampingan para nelayan di sini.

Pulau Condong terletak sekitar 5 kilometer dari kawasan Pantai Pasir Putih, Lampung Selatan. Pulau kecil ini dapat dicapai menggunakan perahu motor, dengan waktu tempuh sekitar 15-25 menit. Keindahannya yang memukau membuat pulau ini layak untuk masuk dalam daftar tujuan Anda saat bertandang ke Lampung.

Pulau ini menawarkan keindahan pantai berpasir putih yang memukau di sisi  selatan. Menyusuri pantai ke arah barat, terdapat jalan setapak di pinggir pantai yang berkarang tajam sepanjang beberapa puluh meter. Di ujung jalan setapak ini, terdapat terowongan alami yang membawa pengunjung tepat menghadap ke arah barat. Menyaksikan matahari terbenam dari celah karang ini bisa menjadi pengalaman menakjubkan dan tidak terlupakan saat berkunjung ke sana.


Teluk Kiluan

Teluk Kiluan
Teluk Kiluan
Teluk Kiluan adalah objek wisata pantai yang terletak di Pekon (Desa) Kiluan Negeri, Kabupaten Tanggamus Provinsi Lampung dengan potensi wisata bahari, dan terkenal dengan banyaknya lumba-lumba, ikan paus disekitaran Teluk Kiluan. Teluk Kiluan juga terkenal dengan keindahan alam dan surga bagi para pemancing handal. Karena setiap tahun diadakan lomba memancing yang diikuti oleh para pemancing handal di seluruh Indonesia. Lokasinya berjarak 73 km dari Bandara Lampung dan dapat dicapai selama 3 jam menggunakan mobil.

Sepanjang jalan sebelum memasuki pintu gerbang Teluk Kiluan masih banyak dijumpai warung-warung dan toko kecil yang menjual berbagai makanan ringan dan minuman. Karena saat sudah memasuki area Teluk Kiluan, sangat sulit ditemukan warung dan toko penjual makanan dan minuman. Oleh sebab itu, disarankan untuk membawa makanan dan minuman secukupnya untuk bekal. Sedangkan menu makanan harian disediakan oleh pemilik penginapan.

Laguna Gayau atau Kolam Renang alami yang terletak di Balik Bukit Teluk Kiluan. Untuk sampai di spot Laguna Gayau dibutuhkan waktu kurang lebih 30 menit karena letaknya berada tepat di belakang bukit Teluk Kiluan. Aktivitas water sport yang bisa kita lakukan di Teluk Kiluan Lampung disamping kegiatan mengejar lumba-lumba dan berbagai jenis ikan hias, adalah snorkeling. Sisi tepi pantai bervariasi, mulai dari pantai berpasir putih dengan kontur pantai yang landai hingga tebing-tebing berbatuan.


Pesisir Kalianda

Kota Kalianda adalah sebuah kota kecamatan di Kabupaten Lampung Selatan, Lampung, Indonesia yang terletak di kaki Gunung Rajabasa, kota kecil yang bersahaja. Kota ini juga terletak di tepi pantai di sepanjang Teluk Lampung.

Ada banyak objek pariwisata di Kalianda, diantaranya Taman Makam Pahlawan Radin Intan II, Pemandian Way Belerang, Pantai Batu Kapal, Pantai Bom yang sekaligus juga sebagai tempat pelelangan ikan, ada juga Pantai Canti, Pantai Gunung Botak atau Pantai Wartawan. Ada juga air terjun atau Curug Way Kalam dengan tujuh tingkat air terjunnya. Selain itu ada juga pariwisata di kec. lain seperti wisata Krakatau, Kalianda Resort,Krakatoa, Pantai Merak Belantung (EmBe), Pantai Bagus, Way Panas Kalianda, Way Belerang Simpur, Pantai Laguna Helau.