Profil Gunung Tilu (Pangalengan) 1076 mdpl

Gunung Tilu Pangalengan berada di antara Kecamatan Pangalengan dan Kecamatan Ciwidey yang memiliki ketinggian 1076 meter atau setara dengan 3530 kaki. 

Lama durasi track gunung tilu kurang lebih 3 jam perjalanan. Seterusnya akan mendapati pemandangan yang unik dari track gunung tilu ini. Jika melewati jalan alternatif dari Pasir Jambu menuju Pangalengan via Gambung, kita akan melewati hutan lebat yang termasuk hutan Gunung Tilu. 

Gunung Tilu di Kabupaten Bandung berstatus cagar alam setelah ditetapkan pada 1978. Gunung Tulu juga kerap jadi tempat pelepas liaran primata Owa Jawa.

Profil Gunung Tilu (Pangalengan) 1076 mdpl
Gunung Tilu (Pangalengan)

Pada bulan Juli dan Agustus 2021, Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jabar berhasil memotret penghuni Gunung Tilu dengan kamera trap. Penghuni Gunung Tilu itu yakni Panthera Pardus atau akrab disebut macan tutul.

Macan tutul yang merupakan fauna identitas Jabar itu berstatus dilindungi karena termasuk hewan langka.

Macan tutul punya kemampuan memanjat dan termasuk penyendiri. Spesies ini lebih aktif pada malam hari. Tubuhnya kuning kecoklatan dengan disertai bintik warna hitam atau totol-totol.

Karena Gunung Tilu berstatus cagar alam, berlaku larangan untuk masuk atau memanfaatkan segala sesuai yang ada di dalam kawasan tersebut.