Profil Gunung Sembuang, Kec. Serbajadi, Aceh Timur

Sembuang merupakan salah satu gampong yang ada di kecamatan Serbajadi, Kabupaten Aceh Timur, provinsi Aceh, Indonesia. Di Gampong Sembuang terdapat gunung yang sama dengan nama daerahnya yaitu Gunung Sambuang dengan ketinggian 2.040 mdpl, di antara puncak Gunung Sembuang 1 dan Sembuang 2 terdapat situs sejarah, berupa dua buah pilar (tugu trianggulasi) yang dibangun oleh Belanda.

Profil Gunung Sembuang, Kec. Serbajadi, Aceh Timur

Sebelum mencapai puncak, pendaki akan melewati berbagai kondisi medan, dari mulai kawasan hutan berotan, berlumut, berbatuan cadas (karst) hingga hutan perdu rapat dan sungai. Apabila beruntung, anda juga akan menemukan beberapa jenis habitat binatang seperti serangga, burung, beberapa mamalia, dan juga jejak-jejak binatang seperti gajah, beruang, harimau, rusa, kambing hutan, dan kambing batu.

Terdapat situs buatan Belanda yang dibangun di antara puncak Gunung Sembuang 1 dan Sembuang berupa dua buah pilar (tugu trianggulasi).

Pilar yang pertama berada di puncak Sembuang 2, bernomor seri S.217 yang dibangun 4 Maret 1931. Pilar tersebut memiliki tinggi 1,5 meter dan kondisinya telah roboh. Sementara pilar kedua ditemukan berada di puncak Sembuang 1, bernomor seri P.128 yang dibangun tahun 1931. Kondisi pilar itu masih utuh, hanya saja dipenuhi dedaunan semak belukar perdu, serta lumut kantung semar.

Sumber:

  • Wikipedia, "Sembuang, Serbajadi, Aceh Timur" https://id.wikipedia.org/wiki/Sembuang,_Serbajadi,_Aceh_Timur
  • Serambi News, "Metalik Jelajahi Gunung Sembuang" https://aceh.tribunnews.com/2012/02/22/metalik-jelajahi-gunung-sembuang