Peninggalan Bersejarah di Propinsi Bali

Pura Bali

Bali
adalah sebuah provinsi di Indonesia, Ibu kota provinsinya adalah Denpasar. Sebagai pusat pariwisata, Bali memiliki sejumlah besejarah yang dapat anda kunjungi. Beberapa tempat yang dikenal adalah:

Daftar isi :
  1. Gunung Kawi
  2. Istana Taman Air Ujung
  3. Kertagosa
  4. Makam Jayaprana
  5. Mounumen Bajra Sandhi
  6. Museum Bali
  7. Puri Agung Pemecutan
  8. Taman Ujung
  9. Tirta Gangga
  10. Puri Agung Karangasem
====================================

1. Gunung Kawi


Gunung Kawi Bali

Gunung Kawi adalah sebuah tempat bersejarah yang berada di tebing. Situs tersebut berisikan patung-patung seperti pagoda. Dapat dilihat tebing yang dipahat berupa Ukiran besar dan memiliki tulisan-tulisan yang kuno. Banyak yang meyakini jika situs tersebut sudah ada sejak zaman kerajaan Udayana di abad ke-11. Tempat ini sekarang menjadi tempat ibadah umat Hindu di Bali yang dapat ditempuh dengan waktu 40 menit


2. Istana Taman Air Ujung


Istana Taman Air Ujung

Istana Taman Air Ujung merupakan sebuah Istana cantik dan memiliki pemandangan alam yang indah, yang memiliki kisah sejarah dari Kerajaan Karangasem yang dibangun di tahun 1901. konon tempat ini dulunya dijadikan sebagai tempat pembuangan ilmu hitam atau biasa disebut kolam Dirah.
Pada tahun 1909, raja Karangasem I Gusti Bagus Jelantik memandatkan dua orang aristektur Van Den Hentz dari Belanda, dan Loto Ang dari Tiongkok untuk membangun istana. Oleh sebab itu, istana ini memiliki nuansa kolonial Belanda bercampurkan dengan Tiongkok.


3. Kertagosa


Kertagosa klungkung

Kertagosa dahulunya merupakan tempat pengadilan kerajaan yang dibangun saat jaman kerajaan Waturenggong di Gelgel Klungkung pada tahun 1686. Objek wisata warisan kerajaan ini, memiliki banguanan yang pada langit-langitnya dipenuhi lukisan wayang gaya Kamasan, yang bersi cerita-cerita Ramayana, Mahabratha dan Tantri.


4. Makam Jayaprana


Makam Jayaprana

Makam Jayaprana merupakan tempat yang berada di tengah hutan berupa sebuah makam atau kuburan. Tempat ini digunakan untuk mengenang kisah cinta legendaris antara Jayaprana dan Layon Sari, seperti kisa romeo dan juliet. Namun akhirnya Jayaprana karena muslihat sang raja yang ingin menikahi Layonsari, dan Layonsari sendiri tidak mau dinikahi raja dan akhinrya menyusul suaminya ke surga.


5. Mounumen Bajra Sandhi


Mounumen Bajra Sandhi

Monumen Bajra Sandhi berupa sebuah monument perjuangan rakyat Bali, untuk mengenang perjuangan heroik rakyat melawan penjajahan. Bangunan ini berada di tengah kota Denpasar - Renon, menjadi sebuah bangunan bersejarah yang digagas oleh Ida Bagus Mantra mantan Gubernur Bali (almarhum), bangunan berbentuk bajra (genta) besar, terletak di tengah lapangan luas dalam kota, sering dipergunakan untuk tempat wisata serta tujuan tour dalam kota.


6. Museum Bali


Museum Bali

Museum Bali digunakan untuk menyimpan peninggalan purbakala, warisan budaya pada masa lampau dan etnografi. Berbagai koleksi museum bisa kita temukan di sini seperti kesenian, sastra, keris, peralatan dan perlengkapan hidup. Mengambarlkan perkembangan budaya masa lampau.

Museum Bali  yang dibangun pada tahun 1910 terletak di Denpasar bersebelahan dengan pura Jaganatha, desa Ababi Karangasem. Menjadi salah satu objek wisata sejarah dan alam populer di Bali Timur. Dibangun pada masa kejayaan kerajaan Karangasem. Lokasinya sekitar 6 km arah utara kota Amlapura. Taman air ini memiliki 2 buah kolam renang dan juga kolam ikan, airnya bersumber dari mata air pegunungan. Lingkungan asri dengan hamparan persawahan indah.


7. Puri Agung Pemecutan


Puri Agung Pemecutan

Puri Agung Pamecutan merupakan bangunan dengan arsitektur kuno yang mampu bertahan sampai sekarang sebagai saksi bisu keagungan kerajaan pada masa silam. Puri Agung Pemecutan, sejak 1686. Terletak di Denpasar, jl. Thamrin, prov. Bali.


8. Taman Ujung


Taman Ujung Karangasem

Taman Ujung yang disebut juga taman Soekasada, merupakan sebuah istana air raja karangasem, beberapa buah bangunan sejarah masih berdiri kokoh, dilengkapi dengan kolam air dengan taman-taman indah menjadi salah satu tujuan wisata di kawasan Bali Timur, keunikan warisan budaya dan keindahanya sering digunakan sebagai tempat pemotretan pre-wedding dan sebagai tujuan tour utama. Taman Ujung  terletak di desa Ujung, Tumbu, Kabupaten Karangasem.


9. Tirta Gangga


Tirta Gangga

Tirta Gangga ini merupakan lokasi yang dikenal sebagai tempat peninggalan dari Kerajaan Karangasem yang masih bagus dan ditata indah. Tempat tersebut dibangun oleh Anak Agung Anglurah Ketut Karangasem Agung di tahun 1946. Namun, saat letusan Gunung Agung, kawasan ini pun rusak sehingga direvitalisasi.

Kini, keindahan bangunan bisa melihat berupa relief-relief cantik yang dipadukan dengan danau buatan yang tertata.


10. Puri Agung Karangasem


Puri Agung Karangasem

Puri Agung Karangasem merupakan salah satu bangunan kuno yang nerupakan peninggalan sejarah abad ke-19, didirikan oleh raja pertama Karangasem yaitu Anak Agung Gede Jelantik. Terletak di tenga-tengah kota Amlapura, menjadi situs peninggalan yang sekaligus menjadi objek wesata di kawasan Bali Timur.