Daftar Tempat Obyek Wisata di Provinsi Papua barat

Papua Barat (disingkat Pabar) adalah sebuah provinsi Indonesia yang terletak di ujung barat Pulau Papua. Ibukotanya adalah Manokwari. Nama provinsi ini sebelumnya adalah Irian Jaya Barat yang ditetapkan dalam Undang-Undang Nomor 45 Tahun 1999. Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2007 tanggal 18 April 2007, nama provinsi ini diubah menjadi Papua Barat. Papua Barat dan Papua merupakan provinsi yang memperoleh status otonomi khusus. Provinsi Papua Barat, meski telah menjadi provinsi tersendiri, tetap mendapat perlakuan khusus sebagaimana provinsi induknya. Provinsi ini juga mempunyai KPUD sendiri dan menyelenggarakan pemilu untuk pertama kalinya pada tanggal 5 April 2004.

Provinsi ini mempunyai potensi yang luar biasa, baik itu pertanian, pertambangan, hasil hutan maupun pariwisata.

Wisata alam menjadi salah satu andalan Irian Jaya Barat, seperti Taman Nasional Teluk Cenderawasih yang berlokasi di kabupaten Teluk Wondama. Taman Nasional ini membentang dari timur Semenanjung Kwatisore sampai utara Pulau Rumberpon dengan panjang garis pantai 500 km, luas darat mencapai 68.200 ha, luas laut 1.385.300 ha dengan rincian 80.000 ha kawasan terumbu karang dan 12.400 ha lautan.

Disamping itu baru-baru ini, ditemukan sebuah gua yang diklaim sebagai gua terdalam di dunia oleh tim ekspedisi speologi Perancis di kawasan Pegunungan Lina, Kampung Irameba, Distrik Anggi, Kabupaten Manokwari. Gua ini diperkirakan mencapai kedalaman 2000 meter. Kawasan pegunungan di Papua Barat masih menyimpan misteri kekayaan alam yang perlu diungkap.

Berikut ini Obyek Wisata di Provinsi Papua barat:
  1. Danau Framu
  2. Desa Sawinggrai
  3. Kepulauan Raja Ampat
  4. Pagoda Sapta Ratna
  5. Pantai Pasir Putih
  6. Pegunungan Arfak
  7. Pulau Matan
  8. Pulau Mansinam
  9. Situs Purbakala Tapurarang, Fakfak
  10. Situs Purbakala Tapurarang
  11. Taman Burung Aimas
  12. TWA Gunung Meja, Manokwari
  13. Taman Nasional Teluk Cenderawasih, Teluk Wondama
  14. Wisata Kuliner di Tembok Berlin, Sorong

1. Danau Framu

Danau Framu
Danau Framu adalah Wisata alam berupa danau yang terletak di Framu, Ayamaru, Kabupaten Maybrat, Provinsi Papua Barat. Letak Danau Framu secara geografis berada di tengah-tengah dari bentuk Pulau Papua yang berbentuk kepala burung.

Danau Ini memiliki keunikan yakni memiliki warna gradasi hijau hingga biru muda yang cerah. Selain itu, air danau ini jernih, bersih, dan tidak ada satu sampah pun yang ada mengambang atau bertebaran di daratannya.


2. Desa Sawinggrai

Burung Cendrawasih di Desa Sawinggrai
wisatawan yang datang ke Desa Sawinggrai bisa menonton kelincahan burung cenderawasih yang menjadi maskot Papua, menari di habitat aslinya. Pemantauan cenderawasih dilakukan di rumah-rumah kayu yang disediakan. Masyarakat desa telah memetakan lokasi cenderawasih menari dan mencari makan.

wisatawan yang datang ke Desa Sawinggrai bisa menonton kelincahan burung cenderawasih yang menjadi maskot Papua, menari di habitat aslinya. Pemantauan cenderawasih dilakukan di rumah-rumah kayu yang disediakan. Masyarakat desa telah memetakan lokasi cenderawasih menari dan mencari makan.

Burung cantik itu hanya menari pada pagi hari sekitar pukul 07.00 hingga 09.00 dan sore hari sekitar 16.00 hingga 17.00.

Desa Sawinggrai yang terletak di Distrik Meos Mansa, Raja Ampat, Papua Barat. Untuk mencapai Desa Sawinggrai, Anda dapat berangkat dari Waisai, Ibukota Raja Ampat. Jarak Waisai-Sawinggrai dapat ditempuh dalam waktu sekitar 2-4 jam, tergantung jenis kapal yang Anda tumpangi.


3. Kepulauan Raja Ampat

Kepulauan Raja Ampat
Kepulauan Raja Ampat merupakan rangkaian empat gugusan pulau yang berdekatan dan berlokasi di barat bagian Kepala Burung (Vogelkoop) Pulau Papua. Secara administrasi, gugusan ini berada di bawah Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat. Kepulauan ini sekarang menjadi tujuan para penyelam yang tertarik akan keindahan pemandangan bawah lautnya. Empat gugusan pulau yang menjadi anggotanya dinamakan menurut empat pulau terbesarnya, yaitu Pulau Waigeo, Pulau Misool, Pulau Salawati, dan Pulau Batanta.

Raja Ampat dapat dicapai dengan pesawat dari Jakarta atau Bali ke Sorong via Makassar atau Ambon dan Manado. Penerbangan memakan waktu kurang lebih 6 jam.

Kebanyakan wisatawan yang datang ke Raja Ampat saat ini adalah para penyelam. Untuk yang bukan penyelam ada sejumlah pantai berpasir putih, gugusan pulau karst dan flora dan fauna endemik seperti cendrawasih merah, cendrawasih Wilson, maleo waigeo, beraneka burung kakatua dan nuri, kuskus waigeo, serta beragam jenis anggrek.


4. Pagoda Sapta Ratna

Pagoda Sapta Rana
Pagoda Sapta Ratna adalah pagoda Cina dibangun 25 tahun yang lalu di Sorong , provinsi Papua Barat , Indonesia. Awalnya, bangunan ini sebagai pusat pemakaman untuk abu semua umat Buddha yang mati tetapi, kini lokasi dan arsitekturnya menjadi daya tarik wisata. Terletak di atas bukit, Pagoda Sapta Ratna berdiri sebagai landmark megah di kota.

Hal terbaik tentang pagoda ini adalah pemandangan indah kota di sekitarnya dari atas; dan jika Anda beruntung berkunjung di malam hari, Anda akan mendapatkan kesempatan untuk melihat salah satu matahari terbenam terbaik di Indonesia .

Setiap bulan sekitar 7.000 penduduk lokal dan asing mengunjungi pagoda.


5. Pantai Pasir Putih

Pantai pasir putih Papua
Pantai Pasir Putih ini terletak di Manokwari, Papua Barat Dinamakan Pasir Putih tentu saja lantaran pasir pantainya yang putih bersih dan super halus, air laut di pantai ini punya tiga warna, yakni bening, biru kehijauan dan biru gelap.


6. Pegunungan Arfak

pegunungan Arfak
Pegunungan Arfak merupakan pegunungan yang terletak di Provinsi Papua Barat. Pegunungan ini terletak di sisi timur laut dari Semenanjung Kepala Burung. Pegunungan ini adalah daerah populer untuk pendakian dan puncak tertingginya adalah Gunung Arfak. Dari puncak-puncaknya, Kota Manokwari dapat terlihat. Puncak Pegunungan Arfak beriklim sedang dan kering dengan sangat panas, suhu musim panas kering yang rata-rata di bawah 95 °F dan ringan, suhu musim dingin lembab yang rata-rata di atas 38 °F.

Selama musim dingin, puncak gunung es biasanya ada dan kadang-kadang bisa sampai 33 °F sesekali. Kadang-kadang salju dapat jatuh di puncak, tetapi tidak setiap tahun. Rata-rata jumlah hujan per tahun sekitar 45 inci. Gunung ini merupakan bagian dari Cagar Alam Pegunungan Arfak, yang memiliki luas 680 kilometer persegi (260 sq mi) dan merupakan kawasan lindung yang melindungi bagian hutan hujan dengan ekoregion Vogelkop Montane. Gunung Arfak yang terdapat di pegunungan ini juga merupakan titik tertinggi di wilayah metropolitan Manokwari.

Pegunungan Arfak punya dua danau yaitu Danau Anggi Giji dan Danau Anggi Gida. Dua danau tersebut merupakan obyek wisata di Pegunungan Arfak. Danau Anggi Giji terletak di Distrik Anggi dan biasa dikenal dengan sebutan danau laki-laki. Sementara, Danau Anggi Gida terletak di Distrik Anggi Gida dan biasa disebut danau perempuan. Letak dua danau tersebut bersebelahan dan hanya dipisahkan oleh perbukitan. Dua danau tersebut punya panorama yang indah.

Pegunungan Arfak punya obyek wisata yang beragam mulai dari wisata alam hingga budaya yang menarik untuk dikunjungi. Ada pengamatan kupu-kupu dan burung berada di Distrik Mokwam, Danau Anggi Giji, Anggi Gida, dan beragam obyek wisata lainya. Ada juga obyek wisata Pasir Putih di Danau Anggi Gida. Pegunungan Arfak juga punya potensi wisata parayalang.


7. Pulau Matan

Pulau Mantan
Pulau Mantan terletak di Kepulauan Sembilan, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barrat. Dilihat dari Kota Sorong, pengunjung dapat melihat bentuk pulau seperti sebuah bukit kecil pepohonan terapung diatas air. Bersebelahan dengan pulau Jefman. Lokasi landasan terbang lama peninggalan belanda sebelum beroperasinya Bandara Domine Eduard Osok di Kota Sorong. Pulau ini tadinya dijadikan pusat latihan selam oleh Tim Diving Kota Sorong Pimpinan Edy Kudubun, mantan komandan KPLP Sorong awal tahun 90-an. Bahkan pernah jadi lokasi mangkal Mr. Ammer warga keturunan Belanda yang merambah bisnis wisata bahari di kawasan perairan kepala burung. Kini dia menetap di Pulau Manswar Kabupaten Raja Ampat.

Terumbu karang bawah laut di pulau Matan cukup indah dan masih alami. Air di tepi pantai jernih kebiruan. Menyelamdisepanjang garis pantai pun bisa menyaksikan gugusan terumbu karang aneka macam yang masih asli dengan beribu biota laut mempesona. 


8. Pulau Mansinam

Pulau Mansinam
Mansinam adalah pulau pariwisata religi umat Kristen Protestan. Pulau ini merupakan bagian dari wilayah Papua Barat. Letaknya sekitar 6 Kilometer dari Manokwari. Untuk mencapai pulau ini hanya membutuhkan waktu 10 sampai 15 menit menggunakan kapal mesin. 


9. Situs Purbakala Tapurarang, Fakfak

Situs Purbakala Tapurarang
Tapularang adalah sebutan untuk sebuat Situs Purbakala oleh masyarakat setempat yang terdapat di Kokas, Fakfak Papua Barat. Di tempat ini ditemukan berbagai cap tangan berwarna merah yang terlukis pada dinding-dinding batu di tebing dan gua yang terletak di pinggir laut. Oleh masyarakat setempat Situs purbakala Kokas disebut dengan nama Tapurarang. Karena warna merah pada lukisan cap tangan di tebing tersebut menyerupai warna darah manusia, masyarakat setempat juga sering menyebut Tapurarang sebagai lukisan cap tangan darah.

Di Distrik Kokas, Tapurarang yang merupakan kekayaan peninggalan zaman pra sejarah ini bisa dijumpai di beberapa tempat antara lain di Andamata, Fior, Forir, Darembang, dan Goras.


10. Taman Burung Aimas

Taman Burung Aimas
Taman Burung Aimas adalah sebuah tempat wisata berupa kumpulan berbagai jenis burung. beralamat di Jalan Osok, Aimas, Sorong, Provinsi Papua Barat.

Aimas bisa dijadikan tempat yang tepat untuk berlibur dan menambah pengetahuan seputar Unggas, karena terdapat taman burung yang menyimpan berbagai jenis burung dan jarang kita lihat.


11. TWA Gunung Meja, Manokwari

TWA Gunung Meja
Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Meja terletak di pusat kota Manokwari. Tempat ini memiliki fungsi utama untuk pariwisata dan rekreasi alam, perlindungan sistem penyangga kehidupan dan pengawetan keragaman jenis tumbuhan, satwa dan keunikan alam. Di tempat ini Anda bisa melakukan aktivitas trekking,hiking dan lain-lain. Mata Anda akan dimanjakan oleh flora hutan tropis yang sangat beragam dan memiliki bentuk unik. Tempat ini dipercaya memiliki ratusan jenis pohon, puluhan jenis perdu, semak, liana dan paku serta tanaman herbal. Selain itu, belasan jenis anggrek dan beberapa jenis palem dan rotan juga hidup di sini.

Untuk mencapai tempat ini, Anda bisa naik ojeg dari pusat kota Manokwari dengan ongkos Rp10.000,00-Rp15.000,00. Perjalanan menuju tempat ini pun cukup memanjakan mata karena Anda bisa melihat Kota Manokwari dan Teluk Doreri yang menyembul di sela-sela pepohonan.


12. Taman Nasional Teluk Cenderawasih, Teluk Wondama

Taman Nasional Teluk Cenderawasih, Teluk Wondama
Taman Nasional Teluk Cenderawasih merupakan taman nasional perairan laut terluas di Indonesia, terdiri dari daratan dan pesisir pantai (0,9%), daratan pulau-pulau (3,8%), terumbu karang (5,5%), dan perairan lautan (89,8%).

Taman nasional ini terletak di Teluk Cenderawasih, provinsi Papua Barat. Taman Nasional Teluk Cenderawasih meliputi pulau Mioswaar, Nusrowi, Roon, Rumberpon dan Yoop.

Taman Nasional Teluk Cendrawasih merupakan perwakilan ekosistem terumbu karang, pantai, mangrove dan hutan tropika daratan pulau di Papua/Irian Jaya.


13. Wisata Kuliner di Tembok Berlin, Sorong

Tembok Berlin
Wisata Kuliner di Tembok Berlin adalah Tempat wisata berupa Tempat makan khususnya makanan laut (Sea food) yang beralamat di Jalan Yos. Sudarso, Kampung Baru, Kecamatan Sorong, Kp. Baru, Kec. Sorong, Kota Sorong, Papua Barat.

Tembok Berlin di Sorong adalah tembok pembatas antara pantai dengan jalan raya tepi pantai. Tembok ini memanjang, karenanya itu diistilahkan Tembok Berlin. Pada malam hari, tempat menjadi tempat makan.

Warung makan berjejer di tempat ini. Hampir seluruhnya menjual seafood atau makan laut. Khusus ikan, pembeli bisa memilih sendiri ikan yang ingin dinikmati.

Berbagai jenis ikan dengan beragam ukuran dipajang di depan warung. Tepat sebelah ikan, ada alat pemanggang lengkap dengan orang yang siap membakar ikan yang dipilih.

Usai memilih, turis bisa masuk ke dalam warung untuk memesan seafood lain dan minuman.