Daftar Tempat Obyek Wisata di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim)

Kalimantan Timur (disingkat Kaltim) adalah sebuah provinsi Indonesia di Pulau Kalimantan bagian ujung timur yang berbatasan dengan Malaysia, Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, dan Sulawesi.

Berikut ini Daftar Obyek wisata di Propinsi Kalimantan Timur (Kaltim):
  1. Batu Dinding
  2. Bukit Bangkirai 
  3. Danau Jempang
  4. Desa Budaya Pampang
  5. Goa Batu Gelap
  6. Goa Haji Mangku
  7. Goa Losan
  8. Hutan Lindung Sungai Wain
  9. Jantur Inar
  10. Kawasan Wisata Bukit Bingkirai
  11. Kebun Raya Samarinda
  12. Kedaton Kutai Kartanegara
  13. Kepulauan Derawan Berau (derawan island) 
  14. Liang Mangkulangit
  15. Masjid Islamic Center Samarinda
  16. Museum Mulawarman
  17. Pantai Manggar Segarasari
  18. Pantai Melawai
  19. Pulau Beras Basah
  20. Pulau Derawan
  21. Pulau Kakaban ( Danau Ubur Ubur )
  22. Pulau Kumala
  23. Pulau Sangalaki
  24. Samboja Lodge
  25. Sungai Mahakam
  26. Taman Argowisata Batuah
  27. Taman Nasional Kayan Mentarang
  28. Taman Nasional Kutai
  29. Taman Rekreasi Lembah Hijau
  30. Waduk Panji Sukarame

1. Batu Dinding

Batu Dinding
Batu dinding adalah sebuah obyek Wisata berupa dinding batu yang memanjang. Letaknya di desa Bukit Merdeka, Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Batu Dinding suasananya sangat asri dan sejuk, cocok dijadikan tempat menikmati mata hari terbit maupun terbenam. Di Sini anda dapat menikmati pesona mata hari terbit (sunrise) dengan leluasa.


2. Bukit Bangkirai 

Bukit Bangkirai - Canopy bridge
Bukit Bangkirai adalah kawasan wisata alam yang terletak di Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Bukit Bangkirai dapat ditempuh melalui perjalanan darat selama 1,5 jam dari Kota Balikpapan.

Wisata ini menawarkan pesona hutan hujan tropis yang masih alami, yang dilengkapi dengan sarana dan prasarana wisata seperti restoran, lamin untuk pertemuan, kolam renang, serta cottage maupun jungle cabin. Di kawasan ini terdapat canopy bridge (jembatan tajuk) sepanjang 64 m yang digantung menghubungkan 5 pohon Bangkirai di ketinggian 30 m.

Jika ingin berpergian ke Canopy bridge ini anda akan melalui jalan setapak dengan memasuki hutan lebat dimana terdapat pohon-pohon rindang.


3. Danau Jempang

Danau Jempang
Danau Jempang merupakan sebuah danau yang terletak di provinsi Kalimantan Timur, Indonesia, tepatnya di Kabupaten Kutai Barat. Danau ini memiliki luas wilayah 15.000 hektare dengan kedalaman 7-8 meter. Danau Jempang merupakan salah satu danau yang terbesar dari sekitar 76 danau yang tersebar di daerah aliran sungai Mahakam.

Danau Jempang adalah sebuah obyek wisata yang memiliki keindahan alam serta kehidupan flora dan fauna yang beraneka ragam.

Danau Jempang sebagai salah satu danau penghasil ikan dikelilingi oleh beberapa perkampungan yaitu Kampung Muara Ohong, Tanjung Jone, Tanjung Jan dan Tanjung Isuy. Di daerah ini kita akan melihat seni budaya Dayak berupa seni ukir patung dan kerajinan ulap doyo. Disamping itu kita juga dapat melihat lamin atau Rumah Panjang khas dayak yang berdiri di sekitar perkampungan danau.

Untuk menuju ke tempat ini dibutuhkan waktu sekitar 8 jam dari Kota Balik Papan dan bila dari Kota Samarinda dibutuhkan waktu sekitar 5 jam perjalanan.


4. Desa Budaya Pampang

Desa Budaya Pampang
Desa Pampang adalah sebuah desa budaya yang berlokasi di Sungai Siring, Kota Samarinda, Kalimantan Timur dan merupakan objek wisata andalan kota Samarinda. Di setiap tahunnya, digelar acara memperingati ulang tahun Desa Pampang, yang disebut dengan nama Pelas Tahun.

Turis dan para pengunjung merasa penasaran ingin melihat langsung eksotisme budaya, adat istiadat dan sosok masyarakat Dayak, yang memang sudah dikenal dunia.

Pemerintah mendukung agar warga Dayak yang menghuni Desa Pampang untuk bisa mengembangkan potensi lain, misalnya saja membuat cindera mata seperti manik-manik dan sejenisnya.


5. Goa Batu Gelap

Gua Batu Gelap
Gua Batu Gelap adalah objek wisata gua yang terletak di Desa Suka Maju, Kecamatan Tenggarong Seberang, Kabupaten Kutai Kartanegara. Gua Batu Gelap merupakan gua alam dengan litologinya berupa batu gamping, dan satuan batuan di dalamnya adalah Pamaluan Beds. Sementara itu pada dinding-dinding gua terpampang stalagmit dan stalagtit, dan bahkan terdapat sungai bawah tanah yang melintasi di dalam gua Batu Gelap. Bentuk stalagmit yang terdapat di dalam gua bermacam-macam, ada yang berbentuk dolmen (meja batu), ada pula yang berbentuk menhir.

Awalnya, gua ini memiliki beberapa pintu masuk. Tapi proses sedimentasi menyebabkan timbunan, mengurangi akses masuk. Beberapa pintu masuk masih ada hanya setinggi 50 cm dari permukaan tanah.

Untuk mencapai lokasi Gua Batu Gelap diperlukan waktu kurang lebih 90 menit, dengan rute yang ditempuh sekitar 39 km dari Samarinda. Namun bila menggunakan rute dari Kota Tenggarong, kita harus menyeberang Sungai Mahakam dengan kapal fery sejauh 45 Km.


6. Goa Haji Mangku

Goa Haji Mangku
Sumber: www.wiranurmansyah.com
Goa Haji terletak di Kepulaan Derawan, Kalimantan Timur. Letak goa haji mangku ini hanya beberapa puluh meter dari bibir pantai utara Maratua. Lokasi gua ini berada di tengah-tengah hutan yang dikelilingi oleh pepohonan rimbun.

Saat sampai, kita akan melihat bibir gua yang membentuk seperti kolam alami memanjang dengan airnya yang jernih berwarna kebiru-biruan. Untuk memasuki gua berair payau ini, ada dua cara yakni loncat terjun langsung dari atas gua atau masuk dari mulut gua yang setengahnya sudah tertutupi air.


7. Goa Losan

Goa Losan
Goa Losan adalah Wisata alam yang terletak di Desa Batu Butok, Kecamatan Muara Komam. Dalam bahasa Paser, Goa Losan berarti goa tembus. Selain tembusan dari satu tempat ke tempat yang lain berupa serambi-serambi yang cukup luas, juga saat kita memasuki Goa Losan seakan-akan masuk ke dalam perut bumi yang gelap, tetapi menyimpan hiasan-hiasan batu yang luar biasa aneh dan indahnya.

Pengunjung harus dilengkapi penerangan seperti senter atau obor. Untuk menyusurinya, diperlukan waktu sekitar sepulu hari, jadi waktu seharianpun rasanya belum cukup untuk menyusuri seluruh gua ini.


8. Hutan Lindung Sungai Wain

Hutan Lindung Sungai Wain atau disingkat HLSW
Hutan Lindung Sungai Wain atau disingkat HLSW merupakan salah satu objek wisata alam yang berada di Jalan Soekarno-Hatta Kota Balikpapan Provinsi Kalimantan Timur. Untuk menuju HLSW, pengunjung dapat menggunakan kendaraan roda duaatau roda empat melalui Kota Balikpapan yang berjarak sekitar 15Km ke arah utara. Lokasinya persis di pinggir jalan raya Balikpapan-Samarinda.

HLSW adalah perpaduan objek wisata Hutan dan Sungai. Hutan itu sendiri terdiri dari hutan primer (hutan asli) dan hutan sekunder (hutan buatan) sebagai hutan pengganti yang terbakar pada tahun 1997/1998.

Pada tahun 1992 dan 1996, HSLW dikembangkan untuk merehabilitasi 80 orang utan hasil tangkapan Borneo Orang Utan Survival Foundations (BOSF). sejak saat itu pula HLSW di fungsinkan sebagai pusat laboratorium flora dan fauna di Balikpapan. Di samping itu, HLSW juga berfungsi sebagai pusat pendidikan lingkungan.

Pengunjung dapat menikmati aliran sungai Wain yang panjangnya mencapai 18.300 meter, airnya sangat jernih, dan disamping kanan-kirinya terdapat hutan bakau. Di lokasi ini, pengunjung juga dapat menikmati treking pendek dengan melintasi jalur sepanjang 400 meter di atas titian kayu, yaitu jembatan panjang yang ada di dekat waduk air sungai wain. Pengunjung juga bisa menikmati treking sepanjang 3Km sambil melihat-lihat beberapa tumbuhan langka, seperti Kantung semar.


9. Jantur Inar

Air Terjun Jantung Inar
Jantur Inar adalah sebuah obyek wisata berupa air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 30 meter. Berjarak sekitar 30 km dari pusat kota Sendawar. Terletak di Kampung Temula, Kecamatan Nyuatan, Kabupaten Kutai Barat, Propinsi Kalimantan Timur.

Untuk menuju lokasi ini dapat dicapai dengan menggunakan kendaraan roda maupun empat dan dan jalan ke sana sangat baik karena sudah diaspal dengan memakan waktu sekitar 1 jam.

Air terjun ini berada di kiri jalan menuju Dempar, ibukota kecamatan Nyuatan, akan nampak papan nama Jantur Inar yang terpampang dengan jelas. Kurang lebih 400 meter perjalanan dilanjutkan melalui jalan tanah hingga tiba di lokasi. Untuk sampai ke dasar air terjun ini harus turun ke bawah melewati sekitar 200 anak tangga yang berjarak 20 cm satu sama lain.


11. Kebun Raya Samarinda

Kebun Raya Samarinda
Kebun Raya Unmul Samarinda (KRUS) adalah obyek wisata Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur. Perjalan menuju lokasi wisata dari pusat kota sekitar 20 sampai 30 menit menggunakan kendaraan bermotor.

Terdapat 24 jenis satwa termasuk yang dilindungi diantaranya adalah buaya, kancil, kuda, orang utan, kuda, elang kepala putih, monyet ekor panjang, burung merak, ular python dan masih banyak lagi hewan lainnya yang menghuni Kebun Raya Samarinda ini.

Flora yang ada di tempat ini cukup banyak yaitu terdiri dari pepohonan dan bunga-bunga seperti anggrek hitam yang langka, sebagaian tanaman tersebut dimasukan dalam museum untuk edukasi tanaman-tanaman yang sudah jarang ditemui, sedangkan sebagian lainnya ditanam dilokasi.


12. Kedaton Kutai Kartanegara

Kedaton Kutai Kartanegara adalah istana milik Sultan Kutai Kartanegara yang terletak di pusat kota Tenggarong, Kalimantan Timur, Indonesia. Istana ini selesai dibangun oleh Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara pada tahun 2002 setelah dihidupkannya kembali Kesultanan Kutai Kartanegara ing Martadipura.

Meski telah resmi menjadi milik Sultan Kutai Kartanegara, istana baru ini lebih difungsikan sebagai kantor lembaga kesultanan serta sebagai tempat pelaksanaan acara seremonial oleh Sultan atau Kesultanan Kutai Kartanegara ing Martadipura.

Arsitektur Kedaton Kutai Kartanegara merupakan perpaduan gaya modern dan gaya istana Kerajaan Kutai Kartanegara. Ruangan istana tampak megah dan mewah dengan tatanan Singgasana Sultan di kelilingi oleh kursi yang terbuat dari emas. Di sebelah kiri Singgasana terdapat Gamelan Jawa. Di dalam Kedaton juga terdapat banyak ukiran yang berciri khas adat Kutai, Dayak dan Jawa untuk menunjukkan bahwa Kerajaan Kutai Kartanegara memiliki hubungan sejarah yang erat dengan suku Dayak dan kesultanan di Jawa.


13. Kepulauan Derawan Berau (derawan island) 

Kepulauan Derawan
Kepulauan Derawan adalah sebuah kepulauan yang berada di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Di kepulauan ini terdapat sejumlah objek wisata bahari menawan, salah satunya Taman Bawah Laut yang diminati wisatawan mancanegara terutama para penyelam kelas dunia.

Di Kepulauan Derawan terdapat beberapa ekosistem pesisir dan pulau kecil yang sangat penting yaitu terumbu karang, padang lamun dan hutan bakau (hutan mangrove). Selain itu banyak spesies yang dilindungi berada di Kepulauan Derawan seperti penyu hijau, penyu sisik, paus, lumba-lumba, kima, ketam kelapa, duyung, ikan barakuda dan beberapa spesies lainnya.


14. Liang Mangkulangit

Liang Mangkulangit
Liang Mangkulangit adalah sebuah bukit Karst yang terletak di Kabupaten Paser, Kaltim. Liang Mangkulangit merupakan bukit karst yang megah, dengan sungai bawah tanah. Pengunjung bisa mengagumi keindahan dinding batunya.


15. Masjid Islamic Center Samarinda

Masjid Islamic Center Samarinda
Masjid Islamic Center Samarinda adalah masjid yang terletak di kelurahan Teluk Lerong Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia, yang merupakan masjid termegah dan terbesar kedua di Asia Tenggara setelah Masjid Istiqlal. Dengan latar depan berupa tepian sungai Mahakam, masjid ini memiliki menara dan kubah besar yang berdiri tegak.

Masjid ini memiliki luas bangunan utama 43.500 meter persegi. Untuk luas bangunan penunjang adalah 7.115 meter persegi dan luas lantai basement 10.235 meter persegi. Sementara lantai dasar masjid seluas 10.270 meter persegi dan lantai utama seluas 8.185 meter persegi. Sedangkan luas lantai mezanin (balkon) adalah 5.290 meter persegi. Lokasi ini sebelumnya merupakan lahan bekas areal penggergajian kayu milik PT Inhutani I yang kemudian dihibahkan kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur.

Bangunan masjid ini memiliki sebanyak 7 menara di mana menara utama setinggi 99 meter yang bermakna asmaul husna atau nama-nama Allah yang jumlahnya 99. Menara utama itu terdiri atas bangunan 15 lantai masing-masing lantai setinggi rata-rata 6 meter. Sementara itu, anak tangga dari lantai dasar menuju lantai utama masjid jumlahnya sebanyak 33 anak tangga. Jumlah ini sengaja disamakan dengan sepertiga jumlah biji tasbih.

Selain menara utama, bangunan ini juga memiliki 6 menara di bagian sisi masjid. Masing-masing 4 di setiap sudut masjid setinggi 70 meter dan 2 menara di bagian pintu gerbang setinggi 57 meter. Enam menara ini juga bermakna sebagai 6 rukun.


16. Museum Mulawarman

Museum Mulawarman
Museum Mulawarman adalah istana dari Kesultanan Kutai Kartanegara dibangun pada tahun 1963 sebagai pengganti Istana sebelumnya yang terbakar.

Bahan bangunannya didominasi oleh beton mulai dari ruang bawah tanah, lantai, dinding, penyekat hingga atap. Di halaman depan Museum terdapat duplikat Patung Lembuswana yang merupakan lambang Kerajaan Kutai Kartanegara. Arsitektur dari museum ini mengadopsi dari arsitektur tradisional Suku Dayak yang ada di Kutai.

Di dalam Museum Mulawarman tersimpan benda-benda sejarah yang pernah digunakan oleh Kesultanan seperti Singgasana, Tempat Peraduan, Pakaian Kebesaran, Tombak, Keris, Meriam, Kalung dan Prasasti Yupa serta Koleksi Keramik Cina. Setiap tahun dilaksanakan Upacara Erau, yaitu tarian Khas Kedaton Upacara Adat dan Mengulur Naga di Desa Kutai Lama. Dimana pada setiap pelaksanaan Erau juga ditampilkan atraksi Seni Budaya baik berupa Tarian Tradisional dan Upara Adat dari berbagai Suku lainnya di Indonesia serta mancanegara.


17. Pantai Manggar Segarasari

Pantai Manggar Segarasari
Pantai Manggar “Segara Sari” memiliki nama asli Pantai Segara Sari, namun masyarakat sekitar menyebutnya dengan nama Pantai Manggar.  Adalah sebuah tempat wisata yang berlokasi di jalan Pantai Manggar Segarasari Manggar, Manggar Baru, Balikpapan Tim., Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Pantai ini memiliki luas 13.000 m2 dengan air laut yang jernih, pasir yang putih, dan memiliki ombak yang cukup tenang. Fasilitas yang tersedia pun dukup lengkap, mulai dari berjejernya warung-warung, pusat souvenir, fasilitas olahraga air seperti jet ski, banana boat, dan kapal karet, hingga area parkir yang luas.Selain itu terdapat juga musholla, toilet umum, sarana bermain anak “children play ground”, dan panggung terbuka.

Pantai Manggar “Segara Sari” dibuka untuk umum mulai pukul 06.00 – 18.00 WITA setiap harinya. Untuk dapat memasuki area pantai ini, setiap pengunjung harus membayar uang retribusi sebesar Rp2.000,00 (anak-anak), Rp3.000,00 (dewasa), Rp2.500,00 (kendaraan roda dua ), dan Rp10.000,00 (kendaraan roda empat).


18. Pantai Melawai

Pantai Melawai Balikpapan
Pantai Melawai adalah sebuah tempat wisata yang berlokasi di Jalan Pelabuhan Semayang, Prapatan, Balikpapan Kota, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Pantai Melawai adalah pantai utama di sepanjang jalan Sudirman, terletak di antara Pelabuhan Semayang dan Pantai Banua Patra. Kawasan ini juga merupakan pusat makanan dan minuman di malam hari.

Tidak seperti Pantai pada umumnya, di Pantai Melawai tidak bisa berenang atau menyelam karena airnya kotor. Selain menikmati pantai, pengunjung juga bisa melihat aktivitas bongkar muat di pelabuhan, menyaksikan kapal bergerak masuk dan keluar, dan menikmati berbagai jenis makanan dan minuman di pantai.

Untuk mencapai lokasi tidaklah sulit karena jalan Sudirman karena merupakan jalan utama menuju lokasi. Anda dapat naik angkutan umum no. 5 dan 6 melewati Pantai Melawai. Jarak Pantai Melawai dengan pusat kota hanya sekitar 3 kilo meter.


19. Pulau Beras Basah

Pulau Beras Basah
Pulau Beras Basah merupakan sebuah pulau kecil yang berlokasi di Selat Makassar timur bagian Pulau Kalimantan. Untuk dapat mengunjungi pulau ini terdapat beberapa akses yang semuanya berasal beberapa dermaga atau pelabuhan dari Kota Bontang. Akses yang paling cepat adalah melalui dermaga Badak NGL dengan menggunakan speed-boat yang memakan waktu kurang lebih lima belas menit. Akses alternatif melalui dermaga Tanjung Limau dan Tanjung Laut Kota Bontang dengan menggunakan kapal kecil bermesin yang memakan waktu kurang lebih satu jam.


20. Pulau Derawan

Pulau Derawan
Pulau Derawan terletak di Kepulauan Derawan, Kecamatan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Di perairan sekitarnya terdapat taman laut dan terkenal sebagai wisata selam (diving) dengan kedalaman sekitar lima meter. Terdapat beraneka ragam biota laut di sini, di antaranya cumi-cumi (cuttlefish), lobster, ikan pipa (ghostpipe fish), gurita (bluering octopus), nudibranchs, kuda laut (seahorses), belut pita (ribbon eels) dan ikan skorpion (scorpionfishes).

Pada batu karang di kedalaman sepuluh meter, terdapat karang yang dikenal sebagai "Blue Trigger Wall" karena pada karang dengan panjang 18 meter tersebut banyak terdapat ikan trigger (red-toothed trigger fishes).


21. Pulau Kakaban ( Danau Ubur Ubur )

Pulau Kakaban
Pulau Kakaban mempunyai luas 774,2 hektar dan terletak di Kepulauan Derawan, Kecamatan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

Pulau Kakaban menarik perhatian turis-turis mancanegara dengan beberapa keunikannya, salah satunya adanya danau di pulau tersebut yaitu Danau Kakaban. Yang mana pada danau tersebut diisi oleh campuran dari air hujan dan rembesan air laut dari pori-pori tanah dan membuat suatu habitat endemik yang berbeda pada kebanyakan kawasan danau lain di dunia, selain Danau Kakaban ada satu lagi danau dengan air payau yaitu di Kepulauan Palau, Mikronesia. Di danau Kakaban dapat di temukan jenis ubur - ubur yang tidak menyengat, diperkirakan ribuan tahun yang lalu ubur - ubur tersebut terperangkap dan berevolusi untuk dapat berfotosintesis di mana hampir tidak ada hewan lain mampu melakukannya, ada empat jenis ubur ubur di danau Kakaban antara lain golden Jellyfish dan Moon Jellyfish. Disamping danau Kakaban juga terdapat Kehe Daeng yang artinya Lobang Ikan, disaat air laut surut goa sempit yang semula terendam akan muncul di permukaan sehingga terumbu yang berwarna warni serta serta bintang laut dapat dengan mudah disentuh.


22. Pulau Kumala

Pulau Kumala
Pulau Kumala merupakan daerah delta di Sungai Mahakam yang memanjang di sebelah Barat Kota Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara.

Taman Wisata Pulau Kumala berjarak sekitar 27 km dari Kota Samarinda yang dapat ditempuh melalui Jembatan Kutai Kartanegara dalam waktu kurang lebih 30 menit. Sedangkan dari Kota Balikpapan yang memiliki fasilitas Bandar Udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman dan Pelabuhan Semayang yang merupakan akses transportasi udara dan laut di Kalimantan Timur, Berjarak sekitar 130 km yang dapat ditempuh kurang lebih 3 jam lewat jalan darat. Selain itu Taman Wisata Pulau Kumala dapat juga dicapai dengan transportasi air melewati Sungai Mahakam.

Objek wisata Pulau Kumala yang terletak di tengah Sungai Mahakam merupakan taman rekreasi perpaduan antara teknologi modern dan budaya tradisional. Pulau seluas 76 hektare ini dulunya adalah lahan tidur dan semak belukar. Saat ini, sebagian area sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti sky tower setinggi 100 meter untuk menikmati keindahan dari udara, kereta api mini area permainan dan kereta gantung yang menghubungkan dengan daratan.

Di pulau ini terdapat DSJ Resort lengkap dengan kolam renang dan sarana bagi mereka yang ingin istirahat, yaitu satu-satunya cottage di tengah Sungai Mahakam di lokasi Pulau ini dipersiapkan Aquarium Raksasa bagi ikan pesut, lumba-lumba air tawar yang hanya ada di Republik Rakyat Tiongkok dan Brasil.


23. Pulau Sangalaki

Pulau Sangalaki
Pulau Sangalaki mempunyai luas 15,9 hektare, terletak di Kepulauan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

Memiliki satuan morfologi dataran pantai yang datar. Pulau ini memiliki lagon dangkal berdasar pasir dan ditumbuhi oleh karang dan lamun.

Pantai pasir memiliki lebar 12-15 meter dengan kelerengan antara 6°-11° dengan material penyusun pantai berupa fragmen karang dan dominan berukuran butir pasir kasar. Di perairan sekitarnya terdapat taman laut dan terkenal sebagai wisata selam (diving). Terdapat beraneka ragam biota laut di sini, yang terkenal adalah ikan pari manta.

Ikan pari manta biasa berkelompok di perairan pulau ini dan dapat berkumpul hingga 20 ekor pari pada saat terang bulan. Mereka menuju ke pulau ini untuk mencari makan berupa bermacam-macam jenis plankton yang banyak terdapat di perairan ini.


24. Samboja Lodge

Orang utan
Samboja Lodge merupakan tempat penangkaran atau perlindungan bagi satwa endemik pulau kalimantan yang terancam punah akan ekosistemnya. Lokasi yang beralamat di Balikpapan- Handil Street Km 44. Samboja, Kutai Kartanegara, Samboja, Margomulyo, Semboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur ini juga merupakan tempat wisata.

Borneo Orangutan Survival / BOS Samboja Lodge di Kalimantan Timur mulai berdiri sejak tahun 1991. Luas area yang digunakan oleh Borneo Orangutan Survival / BOS Samboja Lodge sebagai tempat pelestarian dan penangkaran orangutan serta hewan-hewan liar lainnya mencapai 1800 hektar.

Sebagai tempat wisata, di Samboja Lodge terdapat penginapan yang dibangun Mitra Konservasi Indonesia untuk Borneo Orangutan Survival (BOS). Tarif Menginap di Samboja Lodge antara Rp. 1.500.000,- s/d Rp. 3.500.000,- /malam sudah termasuk biaya antar jemput dan lain-lain.

Untuk sampai di tempat ini, anda dapat memilih penerbangan menuju Bandara Sepinggan Balikpapan, selanjutnya anda akan meneruskan perjalanan menuju Samboja Lodge yang berjarak 30 kilometer.


25. Sungai Mahakam

Masjid Islamic Centre
Mahakam merupakan nama sebuah sungai terbesar di provinsi Kalimantan Timur yang bermuara di Selat Makassar. Sungai dengan panjang sekitar 920 km ini melintasi wilayah Kabupaten Kutai Barat di bagian hulu, hingga Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kota Samarinda di bagian hilir. Di sungai hidup spesies mamalia ikan air tawar yang terancam punah, yakni Pesut Mahakam.

Sungai Mahakam sejak dulu hingga saat ini memiliki peranan penting dalam kehidupan masyarakat di sekitarnya sebagai sumber air, potensi perikanan maupun sebagai prasarana transportasi.


26. Taman Agrowisata Batuah

Taman Agrowisata Batuah kalimantan timur
Taman Agrowisata Batuah adalah sebuah taman yang menyajikan berbagai hasil tanaman dan buah-buahan yang dapat dinikmati langsung. Selain itu di sini juga terdapat fasilitas dan wahana lainnya.

Terletak di KM.24 Loa Janan yang merupakan jalan utama antara Samarinda dan Balikpapan, Taman Agrowisata Batuah ini memiliki luas 35 ha dengan konsep pertanian, alam dan wisata dan berada di antara pertanian rakyat desa Batuah.

Taman Agrowisata Batuah ini dikelola oleh Dinas Pertanian Tanaman Propinsi Kalimantan Timur akan tetapi lokasi dan areanya berada di Kabupaten Kutai Kartanegara.

Adapun beberapa tanaman yang mendapat perhatian pengunjung adalah tanaman anggrek. Taman Agrowisata Batuah ini memiliki bebagai macam jenis tanaman anggrek yang di antaranya adalah Anggrek Alam, Dandrobium, Anggrek Vanda, Anggrek Bulan, dan tanaman hias lainnya.

Tidak hanya tanaman anggrek, tetapi wisatawan yang datang berkunjung ke Taman Agrowisata Batuah juga dimanjakan dengan pemandangan yang menakjubkan oleh adanya Rumah Kaktus. terdapat pula jenis-jenis Rambutan seperti Binjai, Lebak Bulus, Rapiah, Antalagi, Durian, Nanas, Salak Pondoh, Jambu, dll.

Lama tempuh dari Balikpapan ke Taman Agro adalah sekitar 1 jam 30 menit, sedangkan jarak tempuh dari Tenggarong ke Taman Agro adalah sekitar 45 menit.


27. Taman Nasional Kayan Mentarang

Taman Nasional Kayan Mentarang (TNKM)

Taman Nasional Kayan Mentarang (TNKM) adalah  Taman Nasional yang terletak di Kalimantan Utara. Dengan luas lahan sekitar 1,35 juta hektare, hamparan hutan ini membentang di bagian utara Provinsi Kalimantan Timur, tepatnya di wilayah Kabupaten Malinau, Kabupaten Nunukan dan Kabupaten Bulungan, berbatasan langsung dengan Sabah dan Sarawak, Malaysia. Sebagian besar kawasan masuk dalam Kabupaten Malinau dan sebagian lagi masuk dalam Kabupaten Nunukan. Potensi wisata di Taman Nasional Kayan Mentarang ialah Hulu Pujungan, Hulu Krayan dan Hulu Kayan/Datadian.

Kawasan TNKM terletak pada ketinggian antara 200 meter sampai sekitar ±2.500 m di atas permukaan laut, mencakup lembah-lembah dataran rendah, dataran tinggi pegunungan, serta gugus pegunungan terjal yang terbentuk dari berbagai formasi sedimen dan vulkanis.


28. Taman Nasional Kutai

Orang utan di taman nasional Kutai
Taman Nasional Kutai atau biasa disingkat TNK adalah sebuah taman nasional yang berada di wilayah Kabupaten Kutai Timur dan sebagian kecil wilayah Kota Bontang yang memiliki lahan total seluas 198.629 ha. Kantor atau balai pengeloloa TNK berada di Kota Bontang. Namun seiring masuk tahun 2000-an, wilayah TNK ini mulai dirambah penduduk untuk dijadikan pemukiman dan lahan perkebunan sehingga wilayah TNK yang masih benar-benar asli mungkin jauh di bawah lahan yang seluas 198.629 ha pada akhir tahun 1990-an.


29. Taman Rekreasi Lembah Hijau

Taman Rekreasi Lembah Hijau
Taman Rekreasi Lembah Hijau adalah sebuah tempat wisata, perpaduan Wisata alam dengan Wisata Modern. Letaknya berjarak sekitar 15 kilometer dari pusat Kota Samarinda, Kalimantan Timur bersebelahan dengan Kebun Raya Unmul Samarinda.

Taman Rekreasi Lembah Hijau Wisatawan yang hobi memancing dapat menghabiskan waktu nya di kolam pemancingan yang sejuk karena terdapat berbagai pepohonan rindang di sekitar kolam nya. Terdapat juga area Camping Ground bagi wisatawan yang suka berkemah.


30. Waduk Panji Sukarame

Waduk Panji Sukarame

Waduk Panji Sukarame adalah waduk yang juga dijadikan tempat rekreasi yang terletak di Kelurahan Panji Sukarame, Tenggarong, Kutai Kartanegara. Tempat ini merupakan taman rekreasi yang sangat bagus untuk dinikmati dengan adanya pemandangan alam dan air waduk yang tenang. Luas lahan adalah ± 32 ha. Di sekeliling waduk banyak terdapat pondok-pondok untuk tempat beristirahat bagi para pengunjung. Di area waduk ada kafe atau warung untuk tempat makan dan minum serta panggung untuk tempat pertunjukan musik.

tempat wisata di kalimantan yang terkenal, tempat wisata di kalimantan utara, tempat wisata di kalimantan selatan, tempat wisata di sulawesi, tempat wisata di kalimantan barat, tempat wisata di balikpapan, tempat wisata di samarinda, pantai melawai kota balikpapan, kalimantan timur