Daftar Tempat Obyek Wisata di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT)

Nusa Tenggara Timur (disingkat NTT) adalah sebuah provinsi di Indonesia yang meliputi bagian timur Kepulauan Nusa Tenggara. Provinsi ini beribu kota di Kupang dan memiliki 22 Kabupaten/Kota. Provinsi ini terdiri dari kurang lebih 550 pulau, tiga pulau utama di Nusa Tenggara Timur adalah Pulau Flores, Pulau Sumba dan Pulau Timor Barat (biasadipanggil Timor).

Obyek Wisata di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT)
Dengan kondisi alam yang berupa ratusan pulau tersebut, Provinsi Nusa Tenggara Timur sangat dipenuhi oleh berbagai macam jenis dan objek-objek wisata yang tak kalah menarik dengan objek wisata yang lain. Jika kita berkunjung ke salah satu tempat wisata di Nusa Tenggara Timur maka kita akan takjub sendiri akan keindahannya. Objek wisata yang sangat diandalkan di lokasi ini adalah objek wisata alam hal ini dikarenakan memang pulau ini sendiri memiliki keindahan alam yang sungguh mempesona dan sangat menakjubkan.
  1. Air Terjun Cunca Wulang
  2. Air Terjun Oehala
  3. Air Panas Mengeruda
  4. Air Terjun Weikelo Sawah
  5. Air Tejun Tanggedu
  6. Bukit Cinta
  7. Danau Kelimutu
  8. Danau Sano Ngoang
  9. Gili Laba
  10. Gunung Mutis
  11. Goa Batu Cermin
  12. Kelabba Madja
  13. Manta Point
  14. Pantai Batu Biru
  15. Pantai Neam
  16. Pantai Nemberalla
  17. Pantai Pasir Panjang
  18. Pantai Pink
  19. Pantai Tablolong
  20. Pantai Timor
  21. Pulau Alor
  22. Pulau kera
  23. Pantai Kolbano
  24. Pulau Komodo
  25. Pulau Riung
  26. Pulau Semau
  27. Rumah Adat di Kampung Bena
  28. Rumah adat dan pasola
  29. Rumah Adat Wae Rebo
  30. Sawah Lodok
  31. Semana Santa
  32. Taman Wisata 17 Pulau
  33. Taman Wisata Air Panas Mengeruda Soa

1. Air Terjun Cunca Wulang

Air Terjun Cunca Wulang
Air Terjun Cunca Wulang merupakan salah satu object wisata di Labuhan Bajo Flores.  Air Terjun Cunca Wulang berlokasi di kawasan hutan Mbeiling, tepatnya di Pota Wangka, Boleng, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

Hutan Mbeiling merupakan salah satu kawasan hijau berbentuk hutan yang dikategorikan sebagai hutan wisata. Di sini air terjun Cunca Wulang, bila diartikan cunca adalah air terjun dan Wulang adalah Bulan, maksudnya air terjun ini jika dilihat dari atas seperti jatuh dari bulan. Selain itu ada dua lagi air terjun yaitu Cunca Rami dan juga Cunca Lolos.

Untuk menuju kawasan Cunca Wulang kita harus menempuh perjalanan sejauh kurang lebih 30 KM dari kawasan pelabuhan Labuan Bajo selama kurang lebih 1 jam dengan motor atau mobil. Medan menuju wilayah Hutan Mbeiling terbilang bagus yaitu aspal halus sehingga mudah dilewati, selain itu jalurnya juga tidak terpencil karena jalan yang dilewati adalah jalan provinsi yang merupakan jalan utama.


2. Air Terjun Oehala

Air Terjun Oehala
Air Terjun Oehala, adalah salah satu obyek wisata yang terdapat di wilayah TTS (Timor Tengah Selatan) tepatnya di Oehala, Batu Putih, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur.

Sejuknya keaslian alam masih dapat dijumpai di kawasan Wisata Air Terjun Oehala Ini. Di Oehala anda dapat merasakan udara pegunungan yang sangat terasa. Air Terjun Oehala terdiri dari 7 tingkatan besar yang terbentuk secara alamiah tanpa adanya campur tangan manusia dalam membuatnya.

Sebelum sampai ke lokasi, kita akan jumpai sebuah undakan anak tangga yang berjumlah 40-an anak tangga.

Air Terjun Oehala berjarak 13 KM dari pusat Kota Soe. Karena lokasinya yang dekat dengan pusat Kota Soe, maka anda dapat dengan mudah mendapatkan sarana transportasi.


Air Panas Mengeruda

Pemandian Air Panas Mengeruda
Pemandian Air Panas Mengeruda adalah salah satu pemandian air panas alami yang terdapat di Mengeruda,Desa Piga Kecamatan Soa, Kota Bajawa Kabupaten Ngada, NTT. Sumber mata air pemandian ini berasal dari Gunung Inelika di Bajawa. Air panas di sini dikenal memiliki khasiat bisa menyembuhkan berbagai penyakit seperti penyakit kulit sebab tingkat kepanasannya layak untuk dijadikan sebagai media terapi. Selain karena suhunya, kandungan belerang serta zat vulkanis lain yang berasal dari magma bumi yang membuat air panas juga memberikan khasiat menyehatkan.

Bajawa adalah daerah pegunungan yang dilewati setelah Ruteng. Tempat pemandian air panas Soa terletak sekitar 18 km dari pusat kota Bajawa, atau perjalanan dari Labuan Bajo selama 8 jam via darat dengan menggunakan mobil. Pemandian ini merupakan salah satu daya tarik utama pariwisata di Bajawa yang diminati wisatawan lokal bahkan mancanegara yang singgah di tengah perjalanannya menuju Kelimutu.


Air Terjun Weikelo Sawah

Air Terjun Weikelo Sawah
Air Terjun Waikelo Sawah adalah sebuah wisata air terjun yang terletak di Desa Tema Tana, Kecamatan Wewewa Timur, Kabupaten Sumba Barat Daya, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Air Terjun Waikelo Sawah terletak di tanah tandus. Terletak di wilayah yang jarang terjadi hujan, air terjun ini malah menjadi sumber mata air yang tidak pernah surut. Air Terjun Waikelo dibangun pada tahun 1976.

Air Terjun Waikelo Sawah terletak di kaki bukit dan dikelilingi oleh pepohonan yang lebat. Air terjun ini berasal dari sebuah kolam dari dalam gua selebar 4 m dan ketinggian sekitar 3 m. Aliran air tadi kemudian mengalir ke kolam kecil di mulut gua.

Untuk menuju air terjun ini, pengunjung dapat memulai perjalanan dari Tambolaka. Selanjutnya menaiki angkutan umum untuk sampai ke Waikelo Sawah. Tempat ini berjarak hanya sekitar 12 km dari Kabupaten Sumba Barat. Perjalanan ke lokasi dapat ditempuh dalam 40 menit dengan menggunakan kendaraan bermotor. Kondisi jalan menuju lokasi juga sudah beraspal halus.


Air Tejun Tanggedu

Air Tejun Tanggedu
Air Terjun Tanggedu adalah sebuah air terjun yang terletak di Desa Tanggedu, Kecamatan Kanatang, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur. Air terjun ini dikenal sebagai "Grand Canyon" dari Sumba Timur. Air terjun ini merupakan salah satu objek wisata alam yang berjarak sekitar 46 kilometer di sebelah utara Kota Waingapu.

Air terjun ini bisa dicapai dengan menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat yang melintasi Desa Mondu dan Kampung Adat Prainatang. Air Terjun Tanggedu memiliki ciri khas berupa relief bebatuannya yang unik.


Bukit Cinta

bukit cointa NTT
Bukit Cinta adalah bukit cantik yang berlokasi dekat dengan Bandara El Tari, Kupang berupa hamparan bukit dengan luas sekitar belasan hektar. Bukit Cinta Kupang memberikan pesona keindahan tersendiri dengan hamparan padang rumputnya bak permadani yang berwarna hijau segar ketika musim penghujan tiba. Gundukan perbukitannya juga dapat dimanfaatkan sebagai trek jogging bagi yang ingin berolah raga santai di pagi/sore hari. Lanksap di sekitar Bukit Cinta juga sangat cantik.

Di sekitar bukit terdapat gua-gua peninggalan Bangsa Belanda yang konon katanya digunakan sebagai tempat persembunyian penjajah Jepang pada saat Perang Dunia ke-2 berlangsung saat itu. Gua tersebut juga terhubung langsung dengan salah satu gua yang berada di dekat Pantai Lasiana.

Letak Bukit cinta yang berada di pinggiran jalan dan sekitar 2 km saja dari bandara, pengunjung dapat menggunakan transportasi umum yakni rute Kupang-Penfui dengan ongkos 3.000 rupiah saja. Atau bagi yang ingin praktis, dapat menggunakan jasa ojek setempat yang biasanya mangkal di bundaran dekat dengan lokasi dengan ongkos berkisar 5.000-10.000 rupiah. Tidak ada Tiket Masuk (HTM) ke lokasi ini alias gratis.


Danau Kelimutu

Danau Kelimutu
Danau Kelimutu adalah sebutan untuk tiga buah danau yang ada di Gunung Kelimutu di Pulau Flores, Provinsi NTT, Indonesia. Lokasi Gunung Kelimutu tepatnya di Desa Pemo, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende.

Danau ini dikenal dengan nama Danau Tiga Warna karena memiliki tiga warna yang berbeda, yaitu merah, biru, dan putih. Walaupun begitu, warna-warna tersebut selalu berubah-ubah seiring dengan perjalanan waktu.

Danau atau Tiwu Kelimutu di bagi atas tiga bagian yang sesuai dengan warna - warna yang ada di dalam danau. Menurut kepercayaan penduduk setempat, danau berwarna biru atau "Tiwu Nuwa Muri Koo Fai" merupakan tempat berkumpulnya jiwa-jiwa muda-mudi yang telah meninggal. Danau yang berwarna merah atau "Tiwu Ata Polo" merupakan tempat berkumpulnya jiwa-jiwa orang yang telah meninggal dan selama ia hidup selalu melakukan kejahatan/tenung. Sedangkan danau berwarna putih atau "Tiwu Ata Mbupu" merupakan tempat berkumpulnya jiwa-jiwa orang tua yang telah meninggal.


Danau Sano Ngoang

Danau Sano Ngoang
Danau Sano Nggoang adalah salah satu tujuan wisata di Manggarai Barat. Danau vulkanik dengan lokasi yang tidak jauh dari air terjun Cunca Wulang, Cunca Rami hingga Taman Nasional Komodo ini tercatat sebagai danau terbesar di NTT dengan akses ekstrim yang tentunya akan memicu tantangan bagi para pecinta adrenalin.

Untuk sampai di danau ini, pengunjung akan menemui sejumlah jalur terjal. Lokasi detail wisata ini terletak di Kabupaten Manggarai tepatnya di kawasan hutan lindung Mbeliling di Labuan Bajo. Apabila anda berangkat menggunakan pesawat, dapat turun di bandara terdekat atau disarankan turun di Denpasar (sekaligus mampir ke Pantai Sanur dan Kuta).

Dari Bali baru kemudian naik kapal Feri jarak jauh selama kurang lebih 4 sampai 5 jam ke Nusa Tenggara Timur. Sesampai di sana, naik bus umum ke Labuan Bajo yang di situ pula terdapat Manta Point, lalu menuju dusun Nunang sejauh 3 sampai 4 jam dengan suguhan pemandangan alam yang tidak ada habisnya.

Tiket masuk dikenai tidak lebih dari Rp 20.000 namun banyaknya keperluan untuk tranportasi dan calo membuat pengeluaran dapat membengkak.


Gili Laba

Giri Laba
Giri Laba atau Gili Lawa Darat adalah sebuah obyek wisata di Taman Nasional Komodo, Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).  Gili memiliki arti pulau yang mini, namun untuk mencapai titik yang menakjubkan, anda harus mendakinya. Tapi tenang, mendakinya tidak akan membuat lelah.

Di musim kemarau Gili Lawa mirip seperti gurun pasir berwarna coklat.Hamparan coklat tersebut merupakn sabana yang mengering dengan ketinggian sekitar 20 cm.

Namun, sat musim penghujan sabana kering tersebut akan berubah menjadi sabana hijau. Giri Lawa juga merupakan tempat menanti matahari terbit (sunrise) yang indah dan matahari tenggelam (Sunset).


Gunung Mutis

Gunung mutis
Gunung Mutis adalah salah satu gunung yang terdapat di Pulau Timor. Dengan tinggi 2.458 mdpl, gunung Mutis menjadi gunung tertinggi di wilayah Timor Barat (Indonesia). Secara administratif berada di perbatasan Kabupaten Timor Tengah Utara dengan Kabupaten Timor Tengah Selatan, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Gunung ini memliki tiga puncak dan merupakan Cagar Alam Gunung Mutis yang terkenal dengan kekayaan marmernya. Masyarakat yang tinggal di kawasan gunung ini menyebut marmer itu dengan sebutan Faut Kanaf atau batu nama. Masyarakat yang menghuninya adalah salah satu suku tertua di NTT yaitu Suku Dawan. Gunung mutis terkenal dengan padang sabananya yang indah, juga dikenal dengan banyaknya bonsai alami.

Pendakian ke puncak gunung ini dimulai dengan menempuh perjalanan dari Kota Kupang ke Soe sejauh 110 KM. Dari Soe dilanjutkan perjalanan menuju Fatumnasi yang berjarak sekitar 40 Km dengan medan jalan yang belum baik. Desa ini merupakan desa wisata yang menjadi titik kumpul para pendaki. Sepanjang jalur pendakian menuju puncak gunung ini memiliki 3 pos. Puncak Mutis berada dalam kawasan hutan dan hanya ada satu batu penanda bertuliskan 2.427 mdpl. Umumnya pendakian menuju puncak ditempuh dalam waktu 3-4 jam.


Goa Batu Cermin

Goa Batu Cermin
Gua batu cermin adalah gua atau terowongan yang terdapat di bukit batu yang gelap di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Flores, Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Luas gua ini 19 hektar, dan tingginya sekitar 75 meter. Sinar matahari masuk ke gua melalui dinding-dinding gua, dan memantulkan cahayanya di dinding batu sehingga merefleksikan cahaya kecil ke areal lain dalam gua sehingga terlihat seperti cermin. Stalagtit dan stalagmit dalam gua terlihat berkilauan saat disinari cahaya senter maupun cahaya matahari. Kilauan ini disebabkan oleh kandungan garam di dalam air yang mengalir di saat turun hujan. Hal inilah yang membuat masyarakat sekitar menyebut gua ini denga gua batu cermin.

Gua batu cermin ditemukan oleh Theodore Verhoven, seorang pastor Belanda sekaligus juga sebagai seorang arkeolog. Gua tersebut ditemukan pada tahun 1951. Verhoven mengemukakan bahwa dahulu Pulau Flores berada di dasar laut. Pernyataan ini berdasarkan temuan koral dan fosil satwa laut yang menempel di dinding gua seperti fosil kura-kura.


Kelabba Madja

Kelabba Madja
Kelabba Madja adalah Bukit warna-warni yang terletak di Pulau Sabu (kadang disebut Sawu), desa Pedarro, Kecamatan Hawu Mehara, Kabupaten Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur.

Kelabba Maja memiliki ciri khas berupa tebing serupa deretan tabung yang bercorak. Sekilas tampak seperti disapu dengan kuas raksasa. Kita bisa menemukan lapisan warna biru, putih, coklat, dan merah di antara bebatuan Kelabba Maja.

Selain bukit pelangi, Kelabba Maja juga memiliki beberapa batu keseimbangan yang dianggap sebagai perlambang ayah, ibu, dan anak. Ketiga batu ini berdiri dengan kokoh di pucuk tebing yang meruncing.

Untuk mencapainya, wisatawan harus menempuh perjalanan dari Kupang ke Sabu. Setelah itu masih harus dilanjutkan dengan berjalan kaki mendaki jalan bertanjakan selama 2 jam. Kondisi infrastruktur menuju kawasan ini masih belum terlalu memadai. Jadi dibutuhkan fisik yang prima untuk mencapainya.


Manta Point

MAnta Point Labuan Bajo
Manta Point terletak di Labuan Bajo, tepatnya di Loh Liang, Pulau Flores setelah Pantai Jambon/Merah Muda (Pink beach). Tempat ini merupakan wisata eksotis dan menawan yang menyuguhkan ekosistem laut yang kaya. Bukan itu saja ada ekosistem darat yang tak kalah menarik dengan penampakan komodo. Saat menyelam, pengunjung dapat berjumpa dengan ikan-ikan manta yang menyenangkan.

Manta Point  dapat ditempuh selama  4-6 jam (tergantung cuaca) dari pulau Bali menggunakan kapal Feri jarak jauh.


Pantai Batu Biru

Pantai batu biru
Penggajawa adalah sebuah Pantai yang terletak di Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Tepatnya di Pantai ini terletak di Nangapanda, tak jauh dari Ende.

Penggajawa merupakan pantai berbatu yang sangat jarang. Jika pantai pada umumnya dihiasi pasir, maka di sini yang ada adalah batu. Batu-batu yang terdapat di Penggajawa ini berwarna biru kehijauan. Dengan bentuk dan ukurannya yang bermacam-macam batu-batu berbentuk kotak, bulat, maupun lonjong ini memiliki permukaan halus seperti batu koral.


Pantai Neam

Pantai Neam
Pantai Neam adalah pantai unik yang terletak di  Kupang, ibukota provinsi Nusa Tenggara Timur. Pantai Neam merupakan salah satu  pantai yang cukup menguras tenaga, karena untuk menempuh pantai Neam membutuhkan kekuatan fisik yang cukup. Kita harus melewati pedesaan yang pintunya ditutup, jalan yang berliku-liku dan waktu sekitar 3 jam dari Kupang serta melewati hutan belantara. di sana, kita bisa melihat sebuah gua misterius, pulau dikelilingi Pepohonan, serta pasirnya yang seperti Pasir Sahara namun vesi Pantai. Keeskotisan dan keunikan Pantai Neam Kupang terletak pada ombaknya yang besar serta sunset yang menutupi gunung karang.


Pantai Nemberalla

Pantai Nemberalla
Pantai Nemberala terletak di pulau Rote yang memiliki luas sekitar 1.214 kilometer persegi. Tepatnya di desa Nemberala, Kecamatan Rote Barat, Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur, yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia dan Australia. Pantai Nemberala merupakan salah satu pantai yang menjadi tujuan para wisatawan manca negara, terutama peselancar air, karena memiliki salah satu ombak terbaik di Indonesia.

Perjalanan ke tempat ini dapat ditempuh sekitar 25 menit dengan menggunakan pesawat terbang dari bandara El Tari di Kupang ke bandara David Constantine Saudale di Pulau Rote. Pilihan lainnya adalah menggunakan kapal feri cepat yang berangkat dari pelabuhan Tenau di Kupang menuju pelabuhan Ba'a di Kabupaten Rote Ndao, dengan waktu tempuh sekitar satu jam 40 menit sampai dua jam.


Pantai Pasir Panjang

Pantai pasir panjang
Pantai Pasir Panjang adalah tempat wisata yang terletak di Pasir Panjang, Kecamatan Kota Lama, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur. Pantai ini memiliki panorama laut berwarna biru indah yang dapat dinikmati wisatawan saat berkunjung di Kupang.

Pantai ini menawarkan hamparan pasir yang lembut dan memanjang mencapai 1 km. Kecantikan pasir putih disertai dengan warna air laut yang biru menjadi kawasan wisata pantai ini banyak dikunjungi para wisatawan baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Jika langit sedang cerah maka pengunjung akan menyaksikan keunikan luar biasa dari pantai ini yakni pantulan cahaya gemerlap pada birunya laut yang seakan membawa kita dalam suasana berlibur di pulau tropis.

Untuk mencapai lokasi wisata adalah dari Tanjung Perak kota Surabaya menuju Larantuka. Biasanya perjalanan sejauh 1.920,3 km ini dapat ditempuh sekitar 64 jam. 


Pantai Pink

pantai pink
Pantai Merah Muda (Pink Beach) adalah sebuah pantai yang terletak di Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur (NTT). Pantai ini merupakan pantai yang unik yang memiliki pasir yang berwarna merah muda nan indah.

Pink Beach atau Pantai Merah adalah satu dari 7 saja pantai berpasir merah muda yang ada di dunia. Selain kondisi pantainya yang unik dan indah, taman bawah laut Pink Beach adalah istana bagi beragam jenis ikan, ratusan jenis batu karang, dan berbagai jenis biota laut lainnya. Oleh karenanya, snorkeling atau diving adalah aktivitas yang tidak boleh dilewatkan.

Untuk mencapai Labuan Bajo, terdapat penerbangan dari Denpasar dengan pesawat kecil sejenis Fokker menuju Bandara Komodo selama kurang lebih 1 jam. Dari bandara menuju pelabuhan Labuan Bajo dibutuhkan waktu sekira 10-15 menit berkendara. Anda dapat menyewa mobil untuk menuju pelabuhan.


Pantai Tablolong

Pantai tablolong
Pantai Tablolong merupakan sebuah tempat wisata yang berlokasi di Tablolong, Kupang, Nusa Tenggara Timur. Pantai ini memiliki keindahan  yanki dengan hamparan pasir putihnya yang menjadi daya tarik bagi para pengunjungnya. Pantai yang memiliki hamparan pasir putih ini dan diapit oleh Pulau Rote dan Timor.


Pantai Timor

Pantai Timor
Pantai Timor merupakan salah satu pesona wisata pantai yang ada di Kota Kupang , Nusa Tenggara Timur. Pantai Timor sendiri berlokasi tak jauh dari Kampung Solor Kupang. Di pantai ini kita bisa menikmati keesksotisan lumut yang tumbuh di batu karang tersusun acak menambah kemisteriusan Pantai Timor. Tak kalah indah sunset di Pantai Timor. Di Pantai Timor terdapat warung dan tempat duduk jadi tidak usah khawatir karena menikmati keindahan pantai dengan nyaman.


Pulau Alor

Pulau Alor
Alor adalah sebuah pulau yang terletak di ujung timur Kepulauan Nusa Tenggara. Luas wilayahnya 2.119 km², dan titik tertingginya 1.839 m. Pulau Alor adalah satu dari 92 pulau terluar Indonesia karena berbatasan langsung dengan Timor Leste di sebelah selatan.

Pulau Alor selain memiliki keindahan alam yang dapat dilihat secara langsung di daratan dan di pantai, juga memiliki keindahan alam dibawah laut berupa ikan-ikan langka nan indah serta karang dan tumbuhan-tumbuhan laut yang begitu mempesona.

Di Pulau ini terdapat Al-Quran tua dari kulit kayu yang ditulis dengan tinta ramuan tradisional yang diperkirakan berusia lebih dari 800 tahun, sebuah bukti sejarah tentang keberadaan Islam di Alor.

Terdapat pula Gunung Delaki Sirung di Pulau Pantar dan Gunung Koya-Koya. Fenomena geologi vulkanik unik terdapat di Desa Air Panas dan air terjun di pulau Medan, serta taman wisata alam Tuti Adagae di Pulau Alor. Juga ada ranch mini peternakan rusa (terbaik di kawasan timur Indonesia). Kesejukan dan kesegaran di alam Hutan Nostalgia juga akan menyapa setiap pengunjung yang ingin melepas kepenatan. Sebelum beranjak kembali pulang, para pengunjung dapat menanam pohon di Hutan Nostalgia sebagai tanda pernah mengunjungi Pulau Alor. Nama dan alamat pengunjung akan diabadikan pada pohon yang ditanam dan dikenang sepanjang masa.

Wisatawan bisa datang dari Kupang dengan naik kapal feri dengan waktu tempuh 12-13 jam menuju Larantuka. Kemudian melanjutkan perjalanan dengan naik kapal kayu menuju pelabuhan laut Kalabahi dengan waktu tempuh sekitar 1 jam. Di depan pelabuhan Kalabahi yang berada di Kepulauan Alor, terbentang Taman Laut Selat Pantar.

Di Kepulauan Alor tersedia rumah makan, penginapan, pemandu wisata, dan perdagangan souvenir khas Pulau Pantar.


Pulau kera

Pulau Kera
Pulau Kera adalah sebuah pulau yang terletak di sebelah barat Kota Kupang. Secara administratif, pulau ini termasuk wilayah Desa Uiasa, Kecamatan Semau, Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Pulau seluas sekira 48,17 Hektar ini merupakan wilayah Taman Wisata Taman Laut Teluk Kupang. Pulau Kera memiliki topografi datar dengan ketinggian 0-3 Mdpl yang memiliki pasir pantai putih tanpa tutupan mangrove. Untuk mencapai ke pulau ini kita hanya perlu menyeberangi Kota Kupang menggunakan kapal penduduk sekitar.

Pulau ini hanya dihuni tidak lebih dari 100 orang kepala keluarga. Rumah di pulau ini sangatlah sedehana, hanya dengan tiang dan penutup seadanya yang mirip gubuk. Penduduk Pulau Kera sangat ramah kepada pendatang. Pulau ini terkenal mempunyai hamparan pantai dengan pasir seputih salju. Keindahannya bahkan bisa terlihat dari seberang lautan. Pasir putihnya berkilau indah dan mengundang anda untuk mendekat. Ombaknya pun tenang, jadi anda bisa bermain sepuasnya di bibir pantai, berjemur, bermain ombak atau pasir, juga memiliki berbagai jenis ikan karang, terumbu karang, dan pemandangan laut yang sangat indah sambil menikmati keramahan penduduk pulau Kera.


Pantai Kolbano

Pantai Kolbano
Pantai Kolbano adalah sebuah tempat wisata yang beralamat di Kolbano, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur. Untuk sampai ke tempat ini kita perlu menempuh jarak sekitar 135 kilometer. Waktu yang ditempuh kurang lebih selama 3 jam perjalanan.

Jalanan perbukitan, naik turun, bergelombang tanjakan dan turunan yang sangat curam menjadi sebuah santapan yang wajib menuju kawasan pantai ini. Namun kita akan disuguhkan dengan pemandangan yang luar biasa mulai dari rimba, sawah, ladang yang warnanya hijau-hijau. Begitupula dengan rumah masyarakat yang arsitektur rumahnya begitu unik.


Pulau Komodo

Pulao Komodo
Pulau Komodo adalah sebuah pulau yang terletak di Kepulauan Nusa Tenggara. Pulau Komodo dikenal sebagai habitat asli hewan komodo. Pulau ini juga merupakan kawasan Taman Nasional Komodo yang dikelola oleh Pemerintah Pusat. Pulau Komodo berada di sebelah timur Pulau Sumbawa, yang dipisahkan oleh Selat Sape.

Di pulau Komodo, hewan Komodo hidup dan berkembang biak dengan baik, menurut data, hingga pertengahan 2009, pulau ini dihuni sekitar 1300 ekor komodo (+/- 2500 ekor di semua Pulau di  TM. Komodo).  Komodo adalah species kadal terbesar di dunia, dengan panjang rata-rata 2-3 meter, dan berat tubuh sedikitnya 90Kg.

Selain komodo, pulau ini juga menyimpan eksotisme flora yang beragam kayu sepang yang oleh warga sekitar digunakan sebagi obat dan bahan pewarna pakaian, pohon nitak ini atau sterculia oblongata di yakini berguna sebagai obat dan bijinya gurih dan enak seperti kacang polong.

Taman Nasional Komodo yang terdiri dari pulau-pulau tentunya dipisahkan oleh laut. Kehidupan bawah laut di sini pun tak kalah indahnya. Anda dapat menemukan 385 spesies karang indah, 70 jenis bunga karang, 10 jenis lumba-lumba,  6 macam paus, penyu hijau, berbagai jenis hiu, dan ikan pari.

Jika Anda berasal dari  Jakarta,  harus transit di Bali terlebih dahulu. Dari Bali, perjalanan diteruskan menuju Labuan Bajo, sebuah kota kecil di barat laut Flores yang merupakan gerbang untuk menuju Pulau Komodo. Ada beberapa perusahan penerbangan yang melayani rute Denpasar-Labuan Bajo, dengan waktu perjalanan sekitar setengah jam.


Taman Laut 17 Pulau Riung

Taman Laut 17 Pulau Riung
Taman Laut 17 Pulau Riung adalah salah satu taman laut yang ada di Indonesia. Letaknya di Kecamatan Riung, Kabupaten Ngada, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Taman laut ini merupakan gugusan pulau-pulau kecil dan besar yang memanjang dari Toro Padang di sebelah barat hingga Pulau Pangsar di sebelah timur. Untuk mencapai wilayah ini, pengunjung harus melewati jalan bukit berliku dan aspal sempit yang naik turun di tepi jurang.

Kawasan darat taman laut ini merupakan hutan kering dimana hampir seluruh pesisir pantainya ditumbuhi pohon bakau.

Ada beragam hewan khas disana, yaitu komodo, biawak timor, ayam hutan, musang, kera, landak, rusa timor, kuskus, buaya, elang, bluwok, bangau putih, burung nuri, burung tekukur, burung wontong atau burung gosong, dan kelelawar bangau hitam, dan burung perkici dada kuning. Di bawah lautnya terdapat mawar laut yang melambai-lambai dan kumpulan telur kelinci laut raksasa yang terikat oleh lendir dan membentuk rumbaian berwarna merah menyala.

Nama Taman Laut 17 Pulau Riung diambil dari tanggal diproklamirkannya republik ini, 17 Agustus. Penamaan ini bermaksud agar mudah diingat oleh masyarakat Indonesia maupun mancanegara.

Berikut ini merupakan 17 pulau utama yang ada di Taman Laut 17 Pulau Riung: Pulau Ontoloe (pulau terbesar), Pulau Pau, Pulau Borong, Pulau Dua, Pulau Kolong, Pulau Lainjawa, Pulau Besar, Pulau Halima atau Pulau Nani, Pulau Patta, Pulau Rutong, Pulau Meja, Pulau Bampa atau Pulau Tampa atau Pulau Tembang, Pulau Tiga atau Pulau Panjang, Pulau Tembaga, Pulau Taor, Pulau Sui, Pulau Wire.


Pulau Semau

Pulau Semau
Semau adalah sebuah pulau yang terletak di perairan sebelah barat Pulau Timor, yakni di sebelah barat Kota Kupang. Pulau Semau tersusun atas pasir putih, gugusan karang, dan jiwa petualang.

Nama asli pulau ini ialah Nusa Bungtilu yang berarti Pulau Bunga Tiga Warna. Bunga yang dimaksud adalah bahan kapas yang biasa dipakai untuk menenun kain adat, dan memiliki ciri khas unsur tiga warna, yaitu hitam, putih, dan merah.


Kampung Bena

Rumah kampung bena
Kampung Bena adalah salah satu perkampungan megalitikum yang terletak di Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur. Tepatnya di Desa Tiwuriwu, Kecamatan Aimere, sekitar 19 km selatan Bajawa. Kampung yang terletak di puncak bukit dengan view gunung Inerie. Keberadaannya di bawah gunung merupakan ciri khas masyarakat lama pemuja gunung sebagai tempat para dewa. Menurut penduduk kampung ini, mereka meyakini keberadaan Yeta, dewa yang bersinggasana di gunung ini yang melindungi kampung mereka.


Taman Wisata 17 Pulau

Taman Wisata 17 Pulau
Taman Laut 17 Pulau Riung merupakan tempat wisata yang terletak di Kecamatan Riung, Kabupaten Ngada, Flores, kluster. Terdiri atas 24 gugusan pulau-pulau kecil yang cantik. Namun ‘17’ diambil sebagai nama untuk mengingat tanggal kemerdekaan Indonesia.

Pulau Rutong dan Pulau Ontoloe adalah pulau yang paling terkenal. Wisatawan biasanya mendirikan tenda untuk camping di kawasan pantai Pulau Rutong. Kita bisa melihat daratan pulau-pulau lain dari Pulau Rutong sehingga sangat sedap dipandang mata.

Pengunjung bisa berenang, snorkeling, atau bahkan hanya berkeliling dengan perahu nelayan setempat untuk menjelajah Pulau Rutong.

Pulau Ontoloe yang lebih dikenal dengan sebutan Pulau Kelelawar, ia dikelilingi oleh hutan bakau yang menjadi rumah bagi ribuan kelelawar. Pemandangan terbaik dapat dilihat saat senja, yakni saat kelelawar keluar dari sarangnya, beterbangan mencari makan.


Taman Wisata Air Panas Mengeruda Soa

Taman Wisata Air Panas Mengeruda Soa
Pemandian Air Panas Mengeruda adalah salah satu pemandian air panas alami yang terdapat di Mengeruda, Desa Piga Kecamatan Soa, Kota Bajawa Kabupaten Ngada, NTT. Sumber mata air pemandian ini berasal dari Gunung Inelika di Bajawa. Air panas di sini dikenal memiliki khasiat bisa menyembuhkan berbagai penyakit seperti penyakit kulit sebab tingkat kepanasannya layak untuk dijadikan sebagai media terapi. Selain karena suhunya, kandungan belerang serta zat vulkanis lain yang berasal dari magma bumi yang membuat air panas juga memberikan khasiat menyehatkan.

Tempat wisata ini juga menyediakan berbagai fasilitas seperti toilet, rumah makan, kawasan perkemahan, hutan dengan jalan setapak. Selain itu, karena letaknya yang memang berada di jalur perjalanan wisatawan luar kota, travel agent yang menawarkan paket perjalanan sampai ke Kelimutu dengan sebelumnya singgah di pemandian ini. Hal ini yang membuat pemandian ini mulai dikenal oleh para wisatawan sebab kawasan pemandian ini hampir kerap dikunjungi wisatawan luar kota/luar negeri yang melewati kota Bajawa.

Kawasan wisata pemandian Air Panas Mengeruda ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 dan tutup pada pukul 18.00. Bagi pengunjung yang ingin mengadakan moment perkemahan bisa berkoordinasi langsung dengan pengelola tempat wisata.

Adapun rute untuk menuju lokasi dapat ditempuh dengan menggunakan angkuran umum atau ojek dari arah Bajawa menuju ke Soa.