Daftar Tempat Obyek Wisata di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB)

Nusa Tenggara Barat (disingkat NTB) ialah sebuah provinsi di Indonesia yang berada pada bagian barat Kepulauan Nusa Tenggara. Provinsi ini beribu kota di Mataram dan memiliki 10 Kabupaten dan Kota. NTB dikenal memiliki banyak  lokasi objek wisata.

 Obyek Wisata di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB)

Berikut ini beberapa obyek wisata yang ada di Propinsi Nusa Tenggara Barat (NTB):
  1. Air Terjun Mata Jitu
  2. Air Terjun Sendang Gile
  3. Ampenan Kota Tua
  4. Batu Layar
  5. Danau Satonda
  6. Danau Segara Anak
  7. Desa Poto
  8. Desert Point ( Pantai Bangko-Bangko )
  9. Gili Nanggu
  10. Gili Trawangan
  11. Gunung Rinjani
  12. Gunung Tambora
  13. Pantai Air Manis
  14. Pantai Kuta Lombok
  15. Pantai Maluk
  16. Pantai Pink
  17. Pantai Sekongkang
  18. Pantai Sekotong
  19. Pantai Senggigi
  20. Pantai Sire
  21. Pantai Tanjung Beloam
  22. Pantai Yoyo
  23. Pulau Kenawa
  24. Pulau Lombok
  25. Pulau Moyo
  26. Pulau Paserang
  27. Pulau Satonda
  28. Pura Batu Bolong
  29. Taman Narmada
  30. Tanjung Aan
  31. Tanjung Ringgit
  32. Rumah Adat Sade

1. Air Terjun Mata Jitu

Air Terjun Mata Jitu
Air Terjun Mata Jitu adalah tempat wisata yang terletak di Dusun Oiramu, Labuhan Aji, Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Lokasinya kurang lebih berjarak sekitar 21 kilometer dari pusat kota Sumbawa Besar – Ibukota Kabupaten Sumbawa.

Di sana anda akan menemukan pohon-pohon yang hijau dan pemandangan yang indah juga asri. Konon Air terjun mata jitu telah terbentuk sejak jutaan tahun yang lalu. Air Terjun Mata Jitu memiliki air terjun yang berwarna hijau muda dan berpadu indah dengan warna air yang hijau tua.

Keunikan lainnya yang dimiliki oleh cagar alam Air Terjun Mata Jitu adalah memiliki 4 (empat) undak dan 7 (tujuh) kolam dibawahnya. Hal itu menyebabkan penduduk sekitar menamai air terjun ini dengan “mata jitu” yang artinya adalah mata air yang jatuh tepat pada kolam yang berada dan menaungi dibawahnya.


2. Air Terjun Sendang Gile

Air Terjun Sendang Gile
Air terjun Sendang Gile adalah air terjun yang terletak di desa Senaru, kecamatan Bayan, kabupaten Lombok Utara, propinsi Nusa Tenggara Barat. Lebih tepatnya berada di kawasan desa Senaru, 2 kilometer dari desa Bayan. Objek wisata ini masih berada dalam kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani. Ini disebabkan karena air terjun ini merupakan pintu masuk pendakian menuju gunung Rinjani. Selain itu, ternyata air di Sendang Gile berasal dari mata air di Gunung Rinjani yang sangat sejuk dan alami.

Untuk menuju ke tempat ini, para pengunjung harus melalui dua ratusan anak tangga yang mencapai ketinggian 40 meter, dan jembatan berlubang melalui sebuah lembah yang membutuhkan waktu penjelajahan sekitar 15 menit. Perjalanan alternatif juga bisa dilakukan dengan cara menyelusuri pinggir lembah yang agak curam dan mengikuti saluran irigasi serta menyeberangi jembatan yang terbuat dari rotan.

Air terjun yang berketinggian 600 meter di atas permukaan tanah dan memiliki ketinggian kurang lebih 31 meter dari dasar sungai ini memiliki dua tingkatan, tingkat pertama muncul di atas tebing dan jatuh ke dasar kolam di bawahnya, sedang tingkat kedua, di mana pada kolam tersebut air meluncur ke bawah dan membentuk sungai dibawahnya.


3. Kota Tua Ampenan 

Kota Tua Ampenan
Kota Tua Ampenan merupakan salah satu Kota yang ditetapkan oleh pemerintah dalam Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI). Kota tua Ampenan terletak di kecamatan Ampenan, kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, Indonesia.

Kota Tua Ampenan dahulunya merupakan pelabuhan utama daerah Lombok. Juga terdapat banyak kampung yang merupakan perwujudan dari berbagai suku bangsa di Indonesia diantaranya Kampung Tionghoa, Kampung Bugis, Kampung Melayu, Kampung Banjar, Kampung Arab, Kampung Bali dll, sehingga masyarakat yang ada di sini bersifat heterogen dan rukun.


4. Batu Layar

Batu layar Lombok barat
Batu layar adalah salah satu nama desa yang terletak di Kecamatan Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat. Desa ini adalah salah satu desa dari 6 desa yang ada di Lombok Barat.

Di Batu Layar terdapat sebuah makam seorang tokoh yang memiliki peranan penting dalam perkembangan agama Islam di Lombok. Tokoh ini bernama Sayid Duhri Al Haddad Al Hadrami.

Di dekat makam tersebut ada juga pantai batu layar yang dapat dikunjungi untuk melihati keindahan pantai. Pantai batu layar letaknya dekat dengan pantai senggigi. Jadi di sana dapat sekaligus mengunjungi pantai senggigi dan menikmati keindahan pantai pada saat sunset yang bisa dilihat dari pinggir jalan raya.


5. Danau Satonda

Danau Satonda
Danau Satonda terletak di tengah Pulau Satonda dan termasuk wilayah Kabupaten Dompu, NTB. Danau ini mempunyai keunikan karena airnya asin seperti air laut. Diperkirakan air danau ini asin karena tercampur dengan air laut yang meluap dan terperangkap di danau pada saat gunung Tambora meletus (mirip dengan danau Kakaban). Ini dimungkinkan karena jarak pulau Satonda dengan gunung Tambora sangatlah dekat dan seperti diketahui letusan gunung Tambora merupakan letusan yang sangat dahsyat sehingga sangat mungkin menimbulkan gelombang pasang (tsunami) yang dahsyat pula.

Luas danau Satonda sekitar 2,5 km2 dan belum diketahui jenis habitat yang ada di dalam danau ini karena belum pernah dilakukan penelitian. Untuk mencapai Pulau Satonda menghabiskan waktu 3-4 jam perjalanan darat dari Kota Dompu, Nusa Tenggara Barat. Selanjutnya untuk menuju pulau ini Anda dapat menggunakan perahu cadik bermotor dari desa terdekat, yaitu Desa Nangamiro.


6. Danau Segara Anak

Danau Segara anak
Segara Anak adalah danau kawah Gunung Rinjani, tepatnya di desa Sembalun Lawang, pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Nama Segara (bahasa Jawa untuk laut) Anak berarti anak laut diberikan untuk itu karena warna biru mengingatkan danau laut. Danau ini terletak pada ketinggian kurang lebih 2000 mdpl. Jika seorang pendaki mendaki gunung Rinjani (3726 Mdpl), umumnya mereka akan melintasi danau ini dan bermalam di sana. Danau Segara Anak luasnya 1.100 ha dengan kedalaman 230 m.

Dari danau terlihat sebuah gunung volcano (Gunung Baru Jari yang berarti gunung baru jadi) yang merupakan anak Gunung Rinjani dan di dekatnya terdapat sumber air panas. Ada dua sumber air panas yaitu Aik Kalak dan Goa Susu. Di goa susu biasanya para pendaki yang turun melalui jalur hutan Torean akan bermalam. Goa susu merupakan sauna alami tempat para pendaki berendam pada malam hari.


7. Desa Poto

Dresa poto, Sumbawa
Poto merupakan salah satu desa yang ada di kecamatan Moyohilir, kabupaten Sumbawa, provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Desa merupakan satu dari 10 desa yang berada di kecamatan Moyohilir.

Desa ini memiliki jumlah penduduknya sebagian besar bersuku daerah Sumbawa. Sebagian besar penduduknya bermatapencaharian petani. Hasil pertanian utama di desa ini ialah padi, kedelai, kacang, kelapa, dll.

Desa Poto merupakan desa yang tetap memelihara kelestarian budaya daerah seperti pesta ponan atau panen padi, tenun tradisional, pembuatan gerabah dan atraksi permainan rakyat seperti pacuan kuda, karapan kerbau dan tradisi ponan. Desa Poto berada sekitar 13 km dari kota Sumbawa Besar. Desa ini dapat dijangkau dengan menggunakan sarana transportasi darat yang senantiasa melayani trayek setiap hari.


8. Desert Point (Pantai Bangko-Bangko)

Desert Point (Pantai Bangko-Bangko)
Pantai Bangko-Bangko atau yang biasa dikenal oleh para peselancar sebagai Desert Point Beach adalah salah satu spot surfing terfavorit di pulau Lombok.

Pantai Bangko-Bangko memiliki keindahan pasir putih yang menghampar di sepanjang pantai. Pengunjung bisa melihat jajaran perahu nelayan yang berwarna-warni dengan air laut yang jernih.

Pantai Bangko-Bangko secara administratif termasuk dalam wilayah Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat, Propinsi Nusa Tenggara Barat. Lokasinya tepat berada dibagian barat daya pesisir pulau Lombok. Jarak dari Kota Mataram sekitar 70,5 km atau jarak tempuh sekitar 1 jam 48 menit dengan menggunakan kendaraan roda empat.

Taman Wisata Alam Bangko-Bangko memiliki luas 2.169 hektar area. Rimba Taman Wisata Alam Bangko-Bangko termasuk dalam tipe ekosistem hutan pantai, hutan musim dataran rendah, dan hutan mangrove. Berbagai jenis fauna yang jarang dijumpai masih terjaga habitannya seperti elang bendol, ayam hutan, raja udang, koakiu, kupu-kupu troces helena, eleng laut, dan jenis fauna lainnya.


9. Gili Nanggu

Gili Nanggu
Gili Nanggu Lombok adalah salah satu gugusan pulau kecil berpasir putih yang di huni ribuan jenis ikan, terumbu karang dan juga tak berpenghuni dari 11 pulau kecil lainnya yang ada di Sekotong Lombok Barat. Tempat ini lebih private karena hanya terdapat 1 penginapan jadi Anda akan lebih merasakan kehidupan pulau kecil.

Di Sekitar Gili Nanggu pengunjung bisa menikmati Hamparan Karang Biru, Gili Kedis atau Pulau Berbentuk Lambang Cinta. Selain itu, pengunjung dapat pula melakukan kegiatan alam bebas seperti camping, Kayaking, Memancing, Snorkeling, dan Diving.


10. Gili Trawangan

Gili Trawangan
Gili Trawangan adalah salah satu yang terbesar dari ketiga pulau kecil atau gili yang terdapat di sebelah barat laut Lombok. Trawangan juga satu-satunya gili yang ketinggiannya di atas permukaan laut cukup signifikan. Dengan panjang 3 km dan lebar 2 km, Trawangan berpopulasi sekitar 800 jiwa.

Aktivitas yang populer dilakukan para wisatawan di Trawangan adalah scuba diving (dengan sertifikasi PADI), snorkeling (di pantai sebelah timur laut), bermain kayak, dan berselancar. Ada juga beberapa tempat bagi para wisatawan belajar berkuda mengelilingi pulau.


11. Gunung Rinjani

Gunung RInjani
Gunung Rinjani adalah gunung yang berlokasi di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gunung yang merupakan gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 3.726 m dpl serta terletak pada lintang 8º25' LS dan 116º28' BT ini merupakan gunung favorit bagi pendaki Indonesia karena keindahan pemandangannya. Gunung ini merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani yang memiliki luas sekitar 41.330 ha dan ini akan diusulkan penambahannya sehingga menjadi 76.000 ha ke arah barat dan timur.

Secara administratif gunung ini berada dalam wilayah tiga kabupaten: Lombok Timur, Lombok Tengah dan Lombok Barat.


12. Gunung Tambora

Gunung Tambora
Gunung Tambora (atau Tomboro) adalah sebuah gunung api strato aktif yang terletak di Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Gunung ini terletak di dua kabupaten yaitu Kabupaten Dompu yang mencakup lereng bagian barat dan selatan serta Kabupaten Bima yang mencakup lereng bagian timur dan utara. Gunung Tambora terbentuk akibat zona subduksi aktif di bawahnya. Pada masa lampau, ketinggian Gunung Tambora mencapai sekitar 4.300 m yang membuat gunung ini menjadi salah satu puncak tertinggi di Indonesia dahulu.


13. Pantai Air Manis

 Pantai Air Manis - batu malin kundang
Pantai Air Manis atau Pantai Aia Manih dalam bahasa Minang adalah pantai yang terletak kurang lebih 10 km ke selatan dari pusat Kota Padang. Lokasinya Berada di belakang Gunung Padang atau tepatnya di Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang. Pantai ini merupakan salah satu tujuan wisata populer yang selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat. Pantai ini dikenal dengan ombaknya yang kecil, memiliki panorama yang indah di sisi utaranya dan legenda Malin Kundang.

Di ujung utara pantai ini terlihat gundukan Gunung Padang dari kejauhan. Di samping itu, terdapat dua pulau kecil yaitu Pulau Pisang Ketek dan Pulau Pisang Gadang yang berjarak tak seberapa jauh dari pantai ini.

Selain menikmati keindahan pantai di Pantai Air Manis pengunjung bisa berkeliling pantai dan menyeberang ke Pulau Pisang Kecil, menyewa perahu motor untuk mengunjungi Pulau Sikuai yang terletak di sebelah Pulau Pisang.

Dekat pantai, ada restoran yang menjual ikan bakar, nasi kapau dan makanan ringan lainnya. Tersedia juga penyewaan perahu motor serta ATV.

Daya tarik legenda Malin Kundang sangat menarik wisatawan yang datang ke Pantai Air Manis ini. Walaupun ketika melihat batu ini pengunjung akan ragu dengan kebenaran dari cerita tersebut, karena Batu Malin Kundang ini semakin terkikis oleh ombak laut dan perbaikan batu ini yang membuat menjadi tidak natural.


14. Pantai Kuta Lombok

Pantai Kota Lombok
Pantai Kuta, Lombok adalah tempat wisata di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Pantai dengan pasir berwarna putih ini terletak sebuah desa bernama Desa Kuta. Desa Kuta mulai menjadi tempat tujuan wisata yang menarik di Indonesia sejak didirikannya banyak hotel-hotel baru. Selain keindahan alam yang dapat dinikmati di desa ini, satu kali dalam setahun diadakan upacara Sasak di desa ini. Ini adalah upacara Bau Nyale. Dalam upacara ini para pelaut mencari cacing Nyale di laut. Menurut legenda, dahulunya ada seorang putri, bernama Putri Mandalika, yang sangat cantik, banyak pangeran dan pemuda yang ingin menikah dengannya. Karena ia tidak dapat mengambil keputusan, maka ia terjun ke air laut. Ia berjanji sebelumnya bahwa ia akan datang kembali satu kali dalam setahun. Rambutnya yang panjang kemudian menjadi cacing Nyale tersebut.


15. Pantai Maluk

Pantai MAluk
Pantai Maluk adalah Sebuah tempat wisata yang berada sebuah kota kecamatan yang bernama Maluk, Kabupaten Sumbawa Barat. Pulau ini berada di seberang Lombok ini, dengan jarak tempuh dari Pelabuhan Kayangan Sumbawa Barat dicapai dalam 2 jam. Maluk mempunyai pantai berpasir putih dan lembut dan diapit dua bukit.


16. Pantai Pink

Pantai Pink Nusa Tenggara Barat (NTB)
Pantai Pink terletak di Desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur. Lama perjalanan sekitar dua jam dari Kota Mataram, Ibu Kota Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Sebenarnya pantai  dikelilingi sama tebing-tebing ini bernama Pantai Tangsi. Tapi, banyak orang menyebutnya Pantai Pink ya karena warna pasirnya itu berwarna pink. Pantainya dangkal sehingga pengunjung bisa bebas berenang tanpa takut arus yang deras.

Warna pink itu terbentuk karena butir-butir asli warna putih pasir bercampuran dengan serpihan karang merah muda. Selain itu, bias sinar matahari dan terpaan air laut juga makin ngebuat pantai itu berwarna pink.


17. Tiga Pantai di Sekongkang

Tiga Pantai di Sekongkang
Terdapat 3 pantai yang ada di timur pulau Lombaok, yaitu: Pantai Tropical, Pantai Rantung, Pantai Lawar.

Pantai Tropical pasirnya putih. Bagi penyuka Surfing terdapat Ombak khas pantai selatan yang menggulung-gulung. Pantai Tropical nyaris berada di pinggir jalan utama. dapat ditempuh sekitar 200 meter dari jalan utama.

Pantai Rantung berada segaris pantai dengan Pantai Tropical, pantai Rantung juga memiliki hamparan pasir putih yang indah dan ombak yang bergulung-gulung. Pantai indah ini tepat berada di pinggir jalan utama.

Pantai Lawar diapit oleh dua bukit di kiri kanannya, membentuk teluk. Hamparan pasir putih yang disajikan tidak seluas dua pantai sebelumnya. Pantai indah yang terletak di Sekongkang Atas, menawarkan spot Diving yang patut dicoba. Untuk mencapai lokasi pantai Lawar, kamu hanya perlu menembuh sekitar 1 km dari jalan utama Maluk-Sekongkang. Kondisi jalannya pun sudah bisa diakses oleh kendaraan bermotor.


19.  Senggigi

Pantai Senggigi
Pantai Senggigi adalah tempat pariwisata yang terkenal di sebelah barat pesisir Pulau Lombok. Pantai Senggigi memang tidak sebesar Pantai Kuta di Bali, tetapi seketika kita berada di sini akan merasa seperti berada di Pantai Kuta, Bali. Memasuki area pantai Senggigi, wisatawan seta merta disapa oleh lembutnya angin semilir yang menenangkan. Pesisir pantainya masih asri, walaupun masih ada sampah dedaunan yang masih berserakan karena jarang dibersihkan. Pemandangan bawah lautnya sangat indah, dan wisatawan bisa melakukan selam permukaan (snorkeling) sepuasnya karena ombaknya tidak terlalu besar. Terumbu karangnya menjulang ketengah menyebabkan ombak besarnya pecah di tengah. Tersedia juga hotel-hotel dengan harga yang bervariasi, dari yang mahal sampai hotel yang berharga ekonomis.

Sekitar setengah jam dengan berjalan kaki, para wisatawan dapat menjumpai Batu Bolong di pantai ini. Ini adalah sebuah pura yang dibangun di atas karang yang terletak di tepi pantai. Dari tempat ini juga terlihat Gunung Agung di Pulau Bali.


20. Pantai Sire

Pantai Sire
Pantai Sire adalah tempat wisata yang berada di Sigar Penjalin, Tanjung, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. Dari pantai ini pengunjung bisa melihat pemandangan Gunung Rinjani dengan indah.

Pantai Sire Lombok memiliki garis pantai yang terbilang panjang, yaitu sekitar 3,8 Kilometer, dengan garis pantai yang berlekuk-lekuk. Pasir pantainya tidak terlalu putih, namun memiliki tekstur yang lembut. Perairannya cukup tenang, menjadikan pantai ini tepat untuk aktivitas air.

Pantai Sire terletak sekitar 43 Kilometer dari Kota Mataram, di wilayah pesisir Barat Pantai Lombok. Anda bisa mencapai Pantai Sire menggunakan kendaraan dengan lama perjalanan sekitar 1 jam. Dari Mataram, Anda bisa menempuh jalur Mataram-Ampenan-Senggigi-Bukit Malimbu-Pemenang-Sire, atau Anda juga bisa menggunakan jalur Gunung Sari-Sidemen-Pusuk-Pemenang-Sire.


21. Pantai Tanjung Beloam

Pantai Tanjung Beloam
Pantai Beloam terletak di Jl. Pantai Beloam, Tanjung Ringgit, Nusa Tenggara Bar, Jerowaru, Sekaroh, Lombok Timur, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Bar. 83672.

Tanjung Bloam dikenal sebagai wilayah konservasi penyu dengan habitatnya yang berada di sepanjang garis pantai yang memanjang dari ujung selatan sampai ujung utara.

Begitu tiba di pantai ini, anda akan disuguhkan dengan hamparan pasir putih yang begitu lembut dan air laut yang jernih membiru. Panorama keindahan alam di tempat ini sesekali akan diselingi oleh hilir mudiknya para nelayan yang mencari ikan dengan perahu-perahu kecil mereka. Daya tarik pantai ini lebih menonjolkan panorama batuan cadas yang begitu menakjubkan seperti lukisan seorang pelukis ulung yang tak ternilai harganya.


22. Yoyo

Pantai Rantung / Pantai yoyo
Pantai Yoyo adalah nama lain dari Pantai Rantung tempat para peselancar berkumpul. Disebut sebagai Pantai Yoyo karena bentuk ombaknya yang berputar. Di pantai inilah beberapa kali digelar kejuaraan selancar tingkat internasional.

Terdapat fasilitas bagi pengunjung, di dekat pantai berdiri  beberapa homestay dan rumah makan.

Lokasi Pantai Rantung Sumbawa Barat berada di Provinsi Nusa Tenggara Barat, tepatnya di Kecamatan Sekongkang Bawah, Kabupaten Sumbawa Barat. Untuk mudahnya, Pantai Rantung berada di Lingkar Selatan sekitar 12 km dari wilayah pertambangan Newmont. Bisa juga sebagai patokan dari Pantai Maluk terus ke arah Selatan.


23. Pulau Kenawa

Pulau Kenawa
Pulau Kenawa adalah sebuah pulau kecil dan tidak berpenghuni di Sumbawa Barat, NTB (Nusa Tenggara Barat). Pulau Kenawa berbentuk sebuah pulau kecil di tengah laut dengan dataran rendah yang terhampar dihiasi ilalang-ilalang tinggi dan padang savana yang cantik. Di tengah Pulau Kenawa ada sebuah bukit kecil.

Pulau yang hanya memiliki luas 13 Hektar ini, memiliki pemandangan alam berupa perbukitan, hamparan padang savana, juga birunya air laut pantai. Karena belum dikenal luas, pulau ini masih pengunjung sehinga anda bisa menikmati kecantikan pulau ini lebih maksimal tanpa keramaian.

Anda bisa mengunjungi Pulau Kenawa dengan naik kapal feri dari Pelabuhan Poto Tano dengan waktu tempuh 1 sampai 2 jam.


24. Pulau Lombok

Pulau Lombok
Pulau Lombok adalah sebuah pulau di kepulauan Sunda Kecil atau Nusa Tenggara yang terpisahkan oleh Selat Lombok dari Bali di sebelat barat dan Selat Alas di sebelah timur dari Sumbawa. Pulau ini kurang lebih berbentuk bulat dengan semacam "ekor" di sisi barat daya yang panjangnya kurang lebih 70 km. Luas pulau ini mencapai 5.435 km² menempatkannya pada peringkat 108 dari daftar pulau berdasarkan luasnya di dunia. Kota utama di pulau ini adalah Kota Mataram.

Di tengah-tengah pulau terdapat pemisah, yaitu Gunung Rinjani (sekitar 3.726 Mdpl) yang memiliki danau di ketinggiannya. Danau tersebut bernama Segara Anak.

Banyak diketahui bahwa binatang dan tumbuhan /Flora dan Fauna di Pulau Lombok mirip dengan yang ada di Australia. Karena Pulau Lombok Indonesia ini merupakan garis batas antara Flora-Fauna Asia dan Australia. Di bagian sebelah Barat pulau inilah Kita bisa menemukan hewan dan tumbuhan yang mirip dengan yang ada di Australia.


25. Pulau Moyo

Pulau Moyo
Moyo adalah sebuah pulau yang terdapat 2,5 km di sebelah utara Pulau Sumbawa. Pulau ini memiliki luas 350 km2, ketinggian maksimum 671 meter, dan garis pantai 88 km. Secara administratif, pulau ini termasuk wilayah Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, Indonesia.

Saat kunjungan yang terbaik pada musim kemarau yakni bulan Juni sampai dengan Agustus akan tetapi waktu terbaik untuk berkunjung adalah pada bulan Juni dan Juli meskipun gelombang air laut mulai tenang dari April. Pulau Moyo yang terletak di Teluk Saleh memiliki cagar alam taman nasional Pulau Moyo yang berada beberapa kilometer dari pantai utara dan pulau ini dikelilingi oleh terumbu karang yang indah dan habitat untuk babi hutan, biawak berikut 21 jenis kelelawar, rusa liar dan terdapat juga kelompok kera pemakan kepiting, sapi liar, rusa, babi hutan dan berbagai macam spesies burung, ikan hiu dan kura-kura.


26. Pulau Paserang

Pulau Paserang
Pulau Paserang berada di Selat Alas, pemisah Pulau Lombok dan Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Dari atas bukit Pulau Paserang pengunjung bisa melihat pemandangan yang indah. Pulau Kenawa dan Pulau Belang dapat terlihat dari Pulau Paserang. Tak hanya itu, keindahan Puncak Rinjani juga tampak jelas menambah keanggunan panoramanya.

Saat musim hujan, savana yang ada di tempat ini sangat menyegarkan mata. Namun, ketika musim kemarau kita bisa menikmati pemandangan matahari terbenam dan kombinasi savana kering yang terpapar sinar kuning keemasan. DI Pulau ini bisa ditemukan tiga pondok dengan material dasar kayu yang menawan untuk berswafoto dengan latar belakang savana dan perbukitan.

Sebawai destinasi wisata pantai, Pulau Paserangpun memiliki spot snorkeling yang bagus.


27. Pulau Satonda

Danau Satonda
Pulau Satonda adalah sebuah pulau yang terletak di lepas pantai utara Pulau Sumbawa. Pulau ini masuk dalam wilayah Kabupaten Dompu, 3 kilometer dari Selat Sanggar di Laut Flores dan secara administratif berada di wilayah Desa Nangamiro di Kecamatan Pekat.

Pulau Satonda dan perairan sekitarnya memeiliki luas 2.600 hektare yang terdiri dari daratan (453,70 hektare) dan luas perairan (2.146,30 hektare). Pulau Satonda memiliki terumbu karang alami yang luas di perairan sekitarnya.

Pulau ini menarik perhatian para ilmuwan dan peneliti  karena terkait dengan letusan Gunung Tambora yang fenomenal yang mengguncang dunia pada 15 April 1815.

Terdapat danau di tengah pulau yang memiliki luas 335 hektare dan kedalaman 86 meter. Air Danau Satonda asin dengan tingkat kebasaan jauh lebih tinggi daripada air laut biasa.


28. Pura Batu Bolong

Pura BAtu Bolong
Pura Batu Bolong berada di Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. Sementara, Pura Batu Bolong sendiri berada di tepi pantai Senggigi. Pura ini cocok untuk anda yang ingin menikmati pesona sunset yang mengagumkan pemandangan yang tersaji.

Pura ini merupakan tempat ibadah umat Hindu sehingga para wisatawan yang datang diwajibkan untuk menghormati setiap ketentuan yang ada.


29. Taman Narmada

Taman Narmada
Taman Narmada terletak di Jalan Raya Narmada, Desa Lembuak, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat atau sekitar 10 kilometer sebelah timur Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Taman yang luasnya sekitar 2 ha(hektar are) ini dibangun pada tahun 1727 oleh Raja Mataram Lombok, Anak Agung Ngurah Karang Asem, sebagai tempat upacara Pakelem yang diselenggarakan setiap purnama kelima tahun Caka (Oktober-November). Selain tempat upacara, Taman Narmada juga digunakan sebagai tempat peristirahatan keluarga raja pada saat musim kemarau.

Taman ini juga merupakan replika dari gunung Rinjani dan danau Segara Anak yang berada di atas puncak Rinjani.


30. Tanjung Aan

Tanjung Aan
Pantai ini terkenal dengan hamparan pasir putihnya yang bertekstur unik. Selain dihiasi hamparan pasir putihnya yang unik, pantai ini juga dikelilingi barisan bukit yang melengkapi keindahan alamnya. Di sore hari saat matahari mulai tenggelam, anda dapat menyaksikan indahnya sunset dari sini sambil mengabadikannya. Jika anda pecinta dunia fotografi, maka tempat ini adalah surga bagi anda.

Meskipun pantai ini berhubungan langsung dengan samudera Hindia, ombaknya tergolong cukup tenang. Meskipun letaknya tidak jauh dari pantai Kuta, pantai ini bisa dibilang sepi dikarenakan di sekitar pantai belum banyak hotel dan resort yang beridiri. Selain itu, jika anda hobi snorkeling atau diving, anda juga dapat melakukannya di sini. Jika anda berkunjung pada bulan Februari-Maret, pantai ini akan dipenuhi wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri. Karena pada bulan itu penduduk setempat melakukan upacara adat Nyale, yaitu berburu cacing Nyale.


31. Tanjung Ringgit 

Tanjung Ringgit
Tanjung Ringgit adalah sebuah tanjung di pantai timur Pulau Lombok. Kawasan di sekitarnya merupakan hutan lindung milik Kementerian Kehutanan Indonesia. Tanjung Ringgit memiliki pantai pasir putih dan tebing putih yang terdapat gua yang sempat digunakan tentara Jepang di Perang Dunia II.

Tanjung Ringgit berada di Desa Pamongkong, Kecamatan Jerowaru.  Tepatnya berada di paling ujung timur Pulau Lombok. Tanjung Ringgit dapat dicapai dengan kendaraan selama 2½ jam dari Kota Mataram. Akses menuju tempat ini sangat terbatas. Hanya bisa menggunakan sepeda motor, mobil dan sepeda bila yang ingin melakukan kegiatan gowes.


32. Rumah Adat Sade


Rumah Adat Sade
Sade adalah salah satu dusun di desa Rembitan, Pujut, Lombok Tengah. Dusun ini dikenal sebagai dusun yang mempertahankan adat suku Sasak. Dusun ini terkenal dengan bangunan rumah yang terkesan sangat tradisional. Atapnya dari ijuk, kuda-kuda atapnya memakai bambu tanpa paku, tembok dari anyaman bambu, dan langsung beralaskan tanah.


Orang Sasak Sade menamakan bangunan itu 'bale'. Ada delapan bale yaitu Bale Tani, Jajar Sekenam, Bonter, Beleq, Berugag, Tajuk dan Bencingah. Bale-bale itu dibedakan berdasarkan fungsinya. Ada 150 Kepala Keluarga (KK) di Sade.