Profil Gunung Bohong 896 MDPL

lokasi gunung bohong cimahi, sejarah gunung bohong cimahi, misteri gunung bohong cimahi, gunung bohong sepak bola, gunung bohong berapa mdpl, lapang gunung bohong cimahi, gunung di cimahi

Profil Gunung Bohong 896 MDPL

Gunung Bohong merupakan sebuah bukit yang terletak di kota Cimahi dan menjadi objek untuk melihat kota Bandung, Kota Cimahi dan sekitarnya. Letaknya di Laksanamekar, Kec. Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Penamaan Gunung Bohong dikarenakan bukit ini membentuk seperti sebuah gunung pada umumnya, tetapi berukuran kecil. Sehingga penduduk sekitar menyebutnya Gunung Bohong. Selain itu, penamaan ini berkaitan dengan legenda Sangkuriang. Menurut literatur kolonial, sesaat setelah Sangkuriang menendang perahu yang disiapkan untuk berlayar dengan Dayang Sumbi, dia lari ke ke sebuah bukit. Di bukit yang sepi itu, Sangkuriang sadar bahwa dirinya telah dibohongi oleh Dayang Sumbi.

Di Gunung Bohong ini dahulu banyak ditumbuhi pohon yang namanya Malaka. Kini, di kawasan Gunung Bohong ini dijadikan Lapangan Tembak berstandar internasional oleh Kodam III/Siliwangi.


Rute:

Jalur transit yang memiliki rute melewati dekat Gunung Bohong: Bis:  LW.PANJANG-PADALARANG, ST.HALL-PADALARANG, TMP 2D. Kereta: GARUT CIBATUAN

Bagi anda orang Bandung bisa menggunakan kereta Dari Stasiun Bandung langsung ke kota Cimahi lalu disambung dengan menaiki Angkutan kota jurusan Contong lalu turun di Lapang Tembak. 

Gunung Bohong yang berada di Koordinat 06°52′33″LS 107°31′11,9″BT kini menjadi salah satu tujuan wisata alam baru di kota Cimahi. Meski terlihat seperti bukit, namun penduduk Cimahi menamakannya Gunung. Sebelum dibuatkan jalur pendakian oleh TNI dari Kodam III Siliwangi, jalur pendakian masihlah biasa dan agak sulit untuk didaki oleh masyarakat umum. Namun, kini untuk mendaki ke puncak Gunung yang memiliki Ketinggian 896 m (2.939 kaki) di atas permukaan laut ini tidaklah sulit dan bisa dianggap mudah, karena telah dibuatkan sengkedan atau tangga dengan memasang penahan di tanah menggunakan bambu yang ditancapkan di setiap tangga. Sehingga siapapun mampu untukmendaki hingga mencapai puncak, dari mulai balita sampai orang tua Insya Allah bisa melakukannya.