Profil Gunung Leuser - 3404 mdpl

gunung leuser terletak di pulau, gunung leuser aktif atau tidak, ketinggian gunung leuser, flora yang dilindungi di taman nasional gunung leuser, hewan yang dilindungi di taman nasional gunung leuser, taman nasional gunung leuser, pendakian gunung leuser, balai besar taman nasional gunung leuser

Profil Gunung Leuser - 3404 mdpl

Gunung
 Leuser merupakan Gunung yang letaknya secara administrasi terletak di Provinsi Aceh dan Sumatra Utara. Taman Nasional Gunung Leuser (biasa disingkat TNGL) adalah salah satu Kawasan Pelestarian Alam di Indonesia seluas 1.094.692 hektare. Gunung Leuser yang menjulang tinggi dengan ketinggian 3404 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Salah satu Objek dan Daya Tarik Wisata Alam (ODTWA) yang terkenal di dalam kawasan TNGL adalah Pusat Pengamatan Orangutan Sumatra - Bukit Lawang di Kawasan Wisata Alam Bukit Lawang - Bohorok, Kabupaten Langkat, Sumatra Utara.

TNGL merupakan satu-satunya area di dunia yang menjadi tempat hidup dari 4 spesies penting. Spesies tersebut yakni, Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae), Orangutan Sumatera (Pongo abelii), Badak Sumatera (Dicerorhinus sumatrensis) dan Gajah Sumatera (Elephas maximus sumatranus).


Fauna

Di taman nasional ini terdapat 130 jenis mamalia, di antaranya orangutan sumatera (Pongo pygmaeus abelii), sarudung (Hylobates lar), siamang (Hylobates syndactilus), monyet ekor panjang (Macaca fascicularis), beruk (Macaca nemestriana) dan kedih (Presbytis thomasi). Satwa karnivora di antaranya: macan dahan (Neofelis nebulosa), beruang madu (Helarctos malayanus), harimau sumatera (Phantera tigris Sumatraensis). Satwa herbivora yang ada di taman nasional ini adalah gajah sumatera (Elephas maximus), badak sumatera (Dicerorhinus sumatraensis), dan rusa sambar (Cervus unicolor).

Diperkirakan ada sekitar 89 spesies langka dan dilindungi berada di Taman Nasional Gunung Leuser, di antaranya:
  1. Orangutan sumatera (Pongo pygmaeus abelii)
  2. Badak sumatera (Dicerorhinus sumatrensis)
  3. Harimau sumatera (Panthera tigris sumatrae)
  4. Gajah sumatera (Elephas maximus)
  5. Beruang madu (Helarctos malayanus)
  6. Rangkong papan (Buceros bicornis)
  7. Ajag (Cuon Alpinus)
  8. Siamang (Hylobates syndactylus).


Jalur Pendakian

Gunung Leuser terkenal di kalangan pendaki karena memiliki jalur pendakian yang panjang dan sulit ditaklukan. Untuk sampai ke puncak, pendaki memerlukan waktu 16 hari. Ada 3 jalur pendakian di Gunung Leuser, yakni Jalur Kedah, Jalur Meukek, dan Agusan. Namun yang paling banyak digunakan adalah Jalur Kedah.

Puncak Gunung Leuser sebenarnya berada di Provinsi Aceh, akan tetapi perjalanan ke basecamp jalur kedah lebih mudah diakses lewat Medan, Sumatera Utara. Pendaki bisa naik mobil PO Karisma atau PO BTN untuk sampai ke dusun titik awal pendakian gunung ini.