Profil Gunung Kemiri - 3.315 mdpl

 

Profil Gunung Kemiri, ketinggian 3.314 mdpl

Gunung Kemiri pada peta topografi merupakan salah satu gunung tertinggi di jajaran gunung yang berada di Taman Nasional Gunung Leuser. Gunung Kemiri berada di 3°45’44.3” LU , 97°29’01.7” BT. 

Taman Nasional Gunung Leuser dikenal juga sebagai sebagai paru-paru dunia. Keanekaragaman flora dan fauna dapat ditemui dalam kawasan TNGL ini. TNGL merupakan satu-satunya area di dunia yang menjadi tempat hidup dari 4 spesies penting. Spesies tersebut yakni, Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae), Orangutan Sumatera (Pongo abelii), Badak Sumatera (Dicerorhinus sumatrensis) dan Gajah Sumatera (Elephas maximus sumatranus).

Titik 0 pendakian Gunung Kemiri berada di Desa Gumpang, Kec. Putri Betung, Kab. Gayo Lues. Panjang track Gunung Kemiri hanya 1/3 dari panjang track menuju ke titik tertinggi Gunung Leuser (3404 mdpl). Sebuah perjuangan panjang untuk menikmati alam dengan segala keaslian dan keindahannya. Waktu tempuh yang diperlukan untuk mencapai puncak Gunung Kemiri dapat ditempuh selama 4-6 hari.