Profil Gunung Bandahara (Bendahara) 3012 mdpl

Gunung Bandahara adalah sebuah gunung yang terdapat di Kabupaten Gayo Lues, Provinsi Aceh, Indonesia. Tempatnya masih cukup sepi, karena jarang orang-orang yang ingin mendaki gunung Bandahara. Gunung ini memiliki ketinggian 3012 mdpl dan merupakan salah satu gunung tinggi di Aceh. Jarak dari kota Blang Kejeran ibu kota Kabupaten Gayo Lues sekitar 50 ke arah tenggara - timur, sedangkan jarak dari Kota Kutacane, ibu kota Kabupaten Aceh Tenggara, sekitar 35 km arah utara - barat laut.

Profil Gunung Bandahara (Bendahara) 3012 mdpl

Saat mendaki gunung ini, pengunjung dapat melihat keindahan alam sekitar seperti hamparan hutan hijau yang menemani sepanjang perjalanan. Jika beruntung kita bisa dengan mudah menemukan flora endemic khas Sumatera yaitu Nepenthes.

Masyarakat sekitar biasanya menyebutnya dengan tanaman kantong semar. Kantong semar hidup pada ketinggian 2.400 hingga 2.900 mdpl. Nepenthes di atas adalah tanaman endemik Pulau Sumatra yang hanya ada di Gunung Bandahara.

Untuk bisa sampai pos atau titik pendakian sangat mudah, pengunjung bisa memulai perjalanan dari Kab. Gayo Lues atau Aceh tenggara. Sementara untuk jam operasional menuju kaki gunung Bandahara hanya bisa sampai pukul 5 sore saja. Jadi bagi Anda yang mau mendaki harus berangkat lebih pagi untuk menuju terminal gayo.

Pendakian bisa dimulai dengan meminta izin dulu di basecamp. Untuk saat ini pihak masyarakat yang mengelola lokasi basecamp. Setelah mendapat izin baru boleh pergi mendaki namun hanya boleh pada ketinggian 2.400 hingga 2.900 mdpl saja. Pasalnya gunung ini masih cukup sepi sehingga beresiko.

Untuk merncapai puncak gunung Bandahara kita garus melewati tiga pos, yakni:

Pos Pertama

Di pos ini kita akan melewati area perkebunan milik warga sekitar. Sepanjang perjalanan menuju pos berikutnya, pemandangan hamparan kebun hijau bisa dilihat dengan mudah. Bahkan, udara sejuk dan alami khas pegunungan seakan menjadi teman mendaki gunung Bandahara.

Pos Kedua

Jika sudah sampai pos kedua, kita dapat melanjutkan perjalanan dan mulai memasuki hutan yang masih sangat alami. Di trek ini pendaki melewati pohon-pohon rindang dan trek landai. 

Pos Ketiga

Menurut warga sekitar para pendaki hanya boleh camp di dinpos tiga ini.Di sekitar pos ketiga pengunjung bisa menemukan tanaman endemik kantong semar yang langka dan cantik.


Sumber:

  • Wikipedia https://id.wikipedia.org/wiki/Gunung_Bandahara
  • Pendaki cantik https://www.pendakicantik.com/bandahara-gunung-yang-jarang-dijamah-pendaki-indonesia/