Profil Gunung Geureudong 2885 mdpl, Bener Meriah, Aceh

Gunung Geureudong atau Bur ni Geureudong atau Bur ni Telong adalah gunung stratovolcano yang terletak di desa Wih Porak Lancang, kabupaten Bener Meriah, Provinsi Aceh, Indonesia. Gunung dengan tinggi 2885 mdpl ini memiliki kawah aktif yang masih terdapat lava di bagian selatan lereng gunung. Di kawasan ini ditemukannya bebatuan yang diduga peninggalan kehidupan purba, yaitu situs hunian megalitik.

Profil Gunung Geureudong 2885 mdpl, Bener Meriah, Aceh
Gunung Geureudong, Bener Meriah, Aceh

Untuk mencapai Gunung Geureudong, pendaki bisa melalui Desa Bukit Mulie, Kecamatan Timang Gajah, Kabupaten Bener Meriah. Kebanyakan warga Bukit Mulie berasal dari suku jawa dan gayo, sehingga bahasa yang digunakan ada dua yaitu bahasa jawa dan bahasa gayo. Di sini para wisatan akan dipandu sampai ke puncak oleh Lembaga Pengelola Hutan Desa (LPHD) Bukit Mulie.

Trek menuju Gunung Geureudong mencapai 10 kilometer, menurut pengalaman warga yang berada diwilayah gunung geureudong untuk mendaki gunung Geuruedong membutuhkan waktu yang cukup lama sekitar 5 sampai 7 hari. Sepanjang perjalanan para pendaki akan melihat hutan tropis sambil melihat beragam tumbuhan, seperti anggrek dan pohon-pohon unik salah satunya bonsai beragam lumut yang tumbuh sekitaran pohon dan tanah.

Bila beruntung, pendaki bisa bertemu dengan beberapa satwa penghuni Gunung Geureudong, salah satunya satwa kunci yaitu Gajah Sumatra (Elephas Maximus Sumatranus) yang tersebar luas di kawasan Gunung Geureudong.

Setelah melewati trek yang panjang, saat tiba di ketinggian 2.400 mdpl mata para pendaki akan disegarkan kembali dengan padang savana yang luasnya sekitar 4,8 hektare. Tempat ini sangat cocok sebagai spot foto menarik dan instagramable.


Sumber:

  • https://id.wikipedia.org/wiki/Gunung_Geureudong
  • https://www.kba.one/news/keindahan-gunung-geureudong-yang-jarang-terjamah/index.html
  • https://yanacircle.com/pendakian-gunung-geureudong-2885-mdpl-bener-meriah