Profil Gunung Burni Geureudong/ Burni Telong

Gunung Geureudong atau Bur ni Geureudong atau Bur ni Telong adalah gunung stratovolcano di Provinsi Aceh, Indonesia. Nama resmi untuk kompleks gunung berapi ini masih menjadi perdebatan, karena posisi Bur ni Geureudong dan Bur ni Telong yang berdekatan. Dua Kerucut vulkanik bernama Salah Nama dan Pepanji yang merupakan bukit sedimen. Bur ni Geureudong telah mengalami longsor sejak masa Pleistosen, tetapi memiliki fumarol dan mata air panas di bagian lereng. Bur ni Telong terletak di selatan dari Bur ni Geureundong. Bur ni Telong memiliki kawah aktif yang masih terdapat lava di bagian selatan lereng gunung.

Profil Gunung Burni Geureudong/ Burni Telong
Gunung Burni Geureudong [Dokumen mahasiswa pencinta alam Unimal]

Gunung Geureudong merupakan salah satu objek wisata di Kabupaten Bener Meriah yang memiliki ketinggian 2.885 Meter dari Permukaan Laut (Mdpl). Gunung tersebut salah satu lokasi objek wisata alam yang masih alami karena jarang dijamah oleh para pendaki.

Masyarakat Gayo biasanya menyebut Gunung Geureudong ini juga dengan sebutan “Burni Geureudong”. Waktu tempuh yang diperlukan untuk mencapai puncak gunung ini sekitar empat sampai  lima hari perjalanan.

Pendaki yang ingin ke Gunung Geureudong ini bisa melalui di Desa Bukit Mulie, Kecamatan Timang Gajah, Kabupaten Bener Meriah. Di sini para wisatan akan dipandu sampai ke puncak oleh Lembaga Pengelola Hutan Desa (LPHD) Bukit Mulie.

Jalan ataupun track untuk menuju ke Gunung Geureudong ini mencapai 10 kilometer, namun sepanjang perjalanan para pendaki akan melihat hutan tropis sambil melihat beragam tumbuhan. Seperti anggrek dan pohon-pohon unik salah satunya bonsai beragam lumut yang tumbuh sekitaran pohon dan tanah.