Profil Gunung Perkison - Aceh Tenggara

gunung di sumatera, gunung berapi di aceh, nama nama gunung berapi di sumatera, peta gunung di sumatera, gunung leuser gunung krakatau, gunung merapi adalah bagian dari, nama nama gunung di pulau sumatera berdasarkan peta, titik tengah pulau sumatera, gunung seulawah agam

Profil Gunung Perkison -  Aceh Tenggara

Gunung Perkison adalah sebuah gunung yang terdapat di Kabupaten Aceh Tenggara, Provinsi Aceh, Indonesia. Jarak dari kota Kutacane, ibu kota Kabupaten Aceh Tenggara, sekitar 30 km ke arah barat laut. Gunung Perkison memiliki Tinggi 2.532 Mdpl atau ada pula yang menyebut 2.828 mdpl (9.278 kaki).

Saat mendaki gunung ini, anda dapat dengan mudah menemui beberapa hewan seperti tupai, hewan permata, hornbills, dan jenis hewan lainnya. Selain menemukan berbagai macam hewan, pengunjung juga akan menemukan berbagai jenis tumbuhan diantaranya Bunga Raflesia, dan lain-lain.

Saat mencapai puncak, Pendaki akan dapat merasakan dan menikmati pemandangan alam yang luar biasa. Diantaranya melihat pemandangan Sungai Alas dan Kutacane serta kalau cuaca sedang bagus akan nampak pula pemandangan Bukit Barisan dan Gunung Bendahara. Di puncak gunung ini juga kamu bisa dilihat sebuah tugu yang berdiri kokoh di atas puncak gunung yang bernama Tugu Trangulasi.

Bagi pendaki yang berasal dari luar daerah Aceh, bisa dengan naik pesawat menuju Bandara Banda Aceh. Kemudian perjalanan bisa dilanjutkan dengan pesawat dari Bandara Banda Aceh ke Bandara Kutacane ataupun Bandara Alas Leuseur. Akan tetapi untuk saat ini untuk jadwal penerbangan dari Banda Aceh Ke Kuta Cane hanya satu kali dalam seminggu yakni pada hari Rabu pukul 10.00. Dari bandara kutacane ataupun Alas leuseur kalin perlu menggunakan transportasi umum untuk mencapai ke Desa Lawe Harum.


Jalur pendakian

Tidak seperti gungung gunung Indonesia lainnya, Gunung Phokisen ini hanya memiliki satu jalur pendakian, yakni melalui Desa Lawe Harum. Jalur ini terkenal dengan trekingnya yang sangat sulit dan berat karena berupa hutan liar dan hutan lumut. 

Pendakian dimulai dengan melewati Desa Lawe Harum yang letaknya tak jauh dari Tanah Merah. Setelah itu pendaki akan melewati bukit hutan. Setelah mencapai ketinggian 1.200 Mdpl para pendaki akan disungguhi bunga raflesia yang tumbuh di sepanjang jalur pendakian. Perjalanan berlanjut dengan melewati hutan lumut yang tumbuh subur yakni magpie robin. Dengan bertemunya trek lumut ini maka dipastikan puncak gunung sudah dekat.


Tempat Wisata Di Sekitar Area Gunung Perkison

Tempat pariwisata di sekitar gunung ini sangatlah banyak diantaranya yakni Air Terjun Gulo, Ketembe, Masjid Agung At-Taqwa, Bukit Cinta, Arung Jeram Agara, Pantai Goyang, Pantai Timur, Benteng Tugu Kuta Reh, Air Terjun Lawe Dua, Air Panas Lawe Gerger, Lawe Gurah, Situs Rumah Adat, Gua Semung, Waterpark di Kutacane, dan Lapangan Ahmad Yani.

Sumber: https://gunung.id/gunung-perkison/