Profil Gunung Segama di Aceh Timur

Gunung Segama adalah salah satu bagian dari Kawasan pegunungan tropis di Aceh tepatnya di Kawasan Pegunungan Tamiang Hulu, Aceh Tamiang, Propinsi Aceh. Berdasarkan keterangan peta (topografi) Rupa Bumi Indonesia tahun 1978, Gunung Segama memiliki ketinggian 1965,4 mdpl (meter diatas permukaan laut). 

Profil Gunung Segama di Aceh Timur

Berdasarkan peta tersebut, di puncak Gunung Segama terdapat pilar (tugu beton) ukuran 50 x 50 x (tinggi) 150cm dengan registrasi nomor S (Sekunder) 214 (terukir pada plat marmar) yang ditempel di salah satu sisi beton. Pilar ini adalah buatan Belanda untuk kepentingan Project Jaring Triangulasi utk pemeta mereka di Aceh pada rentang tahun 1930-an.

Puncak atau Kawasan Gunung Segama yang merupakan titik puncak tertinggi di wilayah Aceh Tamiang. Kawasan ini dapat diakses melalui Kuala Blutan yg notabene salah satu spot wisata Aceh Tamiang di Tamiang Hulu dan juga Desa Kaloy, Kec.Tamiang Hulu - Aceh Tamiang. Sepanjang perjalanan, pengunjung bisa menikmati pemandangan vegetasi yang di dominasi pohon jenis damar dan jenis-jenis rotan.