Profil Gunung Ulu Masen - Sampoiniet, Aceh Jaya,

Gunung Ulumasen adalah gunung yang terletak di Kecamatan Sampoiniet, Kabupaten Aceh Jaya, Provinsi Aceh, Indonesia. Gunung ini memiliki ketinggian 2.390 Meter di atas permukaan laut (MDPL) (7.841 kaki/Ft).

Ulu Masen adalah hutan terakhir yang menghidupkan 17 sungai di tujuh kabupaten Provinsi Aceh. Selain itu Ulu Masen juga terdapat flora dan fauna yang terancam punah, seperti gajah sumatera (elephas maximus sumateranus).

Wilayah Ulu Masen terdiri dari dataran rendah dan dataran tinggi serta memiliki keunikan tersendiri bagi kawasan Ulu Masen yang luasnya lebih kurang 750 ribu hektar yang mencakup dalam 7 kabupaten di Aceh.

Ulu Masen Juga warisan purba paling barat di Indonesia, namun Ulu Masen belum menjadi status kawasan taman nasional.

Profil Gunung Ulu masen - Sampoiniet, Aceh Jaya,

Pegunungan Hutan Ulu Masen adalah sebuah kawasan hutan tropis yang berada di kawasan Aceh Jaya, luas keseluruhan wilayah Hutan Ulu Masen berdasarkan data hasil penelitian dan data satelit mencapai 738.856 hektare. Kawasan Ulu Masen memiliki beragam flora dan fauna Sumatera yang terancam punah, namun ada beberapa yang masih tersisa di kawasan ini.

Aneka satwa langka seperti orangutan sumatera, gajah sumatera, harimau sumatera, macan dahan, beruang madu, kukang, siamang, kambing hutan sumatera, rangkong, dan kuau besar.

Perjalanan menuju gunung Hulu Masen dimulai di Lamno, Aceh Jaya di pesisir barat, kira-kira 1 jam perjalanan dari Banda Aceh. Terdapat 3 hostel di Lamno yang bisa dijadikan pilihan untuk menginap. Jangan takut kehausan karena terdapat sumber air dari sungai selama perjalanan. Waktu perjalanan totalnya kira-kira 5 hari.

Dengan jalur yang panjang, pendaki akan melewati enam puncak gunung sebelum mencapai puncak tujuan, yaitu Puncak Bae, Gle Goh, Gle Sijuk, Gle Duek, Gle Raya dan puncak tanpa nama.

Selanjutnya baru puncak tujuan Ulu Masen dengan ketinggian 2315mdpl, dimana jalur dan puncak yang akan di daki masih sangat jarang terjamah oleh manusia. Di puncak di puncak Ulu Masen pendaki akan menemukan pilar buatan belanda dengan kode P.136 tahun 1934.

Sumber:

  • https://www.bithe.co/news/enam-pendaki-berhasil-capai-puncak-hutan-ulu-masen-aceh-jaya/index.html.
  • id.wikipedia.org