Beranda · Alat Musik · Budaya · Lambang · Wisata Sejarah

Profil Gunung Batee Meucica - Aceh Besar

Gunung Batee Meucica merupakan gunung yang berada di kawasan Bukit Barisan di wilayah perbukitan Jantho Kabupaten Aceh Besar.

Gunung Meucica sendiri merupakan satu dari Triple M gunung berapi aktif di pegunungan Bukit Barisan yang berhimpitan dan terletak dekat kota Jantho, ibukota Kabupaten Aceh Besar. Triple M yang dimaksud adalah Gunung Meundom, Meutala, dan Meucica. Gunung Meucica sendiri memiliki tinggi 2.140 MDPL.

Profil Gunung Batee Meucica -  Aceh Besar

Gunung Batee Meucica merupakan salah satu dari tiga gunung berapi aktif di pegunungan Bukit Barisan, yaitu Gunung Meundom, Meutala, dan Meucica. Ketiga gunung ini terletak berdekatan di perbukitan kota Jantho, Aceh Besar.

Gunung Batee Meucica memiliki air terjun yang hanya dapat terlihat dari Kota Jantho. Untuk menuju ke gunung ini, pendaki harus melewati rimba raya yang masih alami.

Saat di perjalanan, bila beruntung dapat menemukan flora yang dilindungi seperti Padma raksasa (Rafflesia Arnoldii), Kantung semar merah (Nepenthes) dan burung Rangkong (Bucerotidae) yang tak jarang ditemukan saat melakukan pendakian.

Perjalanan naik turun Gunung Meucica membutuhkan waktu enam hari, dimulai dari tanggal. Medan berlumpur, tebing yang curam dan kabut tebal harus dilalui para pendaki untuk sampai ke puncak.