Profil Gunung Gle Bae, Aceh Besar

Gle bae (atau Glee Ba'e) merupakan sebuah gunung hutan hujan tropis yang terletak di Kecamatan Kota Jantho, Aceh Besar yang memiliki ketinggian 1588 Mdpl dan bersudut triangulasi T. 3302. Gunung ini berdampingan dengan gunung Mendom, Meutala, dan Meucica.

Profil Gunung Gle Bae, Aceh Besar

Di gle bae bisa ditemui sejumlah flora dan fauna. Fauna meliputi kambing hutan, ayam hutan, dan insekta. Flora meliputi lumut, rotan, dan cendana.

Jarak yang ditempuh melalui jalur konvensional sekitar 8-10 jam dikarenakan medan yang cenderung sulit, hutan yang sangat lebat, dan diselimuti kabut yang tebal dikawasan sekitar punggungan Gle bae.

Perjalanan ke puncak Gunung Bae dapat dimulai dari Banda Aceh ke kota Jantho jarak tempuhnya sekitar 45 menit, dari kota Jantho ke kecamatan jantho baru (lokasi kaki gunung Bae) sekitar 15 menit. Dari kaki Gunung Bae ke puncak membutuhkan waktu 8 jam perjalanan.

Untuk menaiki Gle bae, punggungan yang dilintasi adalah punggungan merak yang terlebih dahulu menaiki punggungan-punggungan kecil lainnya. Ketika sampai di punggungan merak, maka jalurnya cenderung landai disebabkan ketinggian punggungan tersebut tidak jauh dengan puncak Gle bae, hanya butuh 200 meter lagi untuk sampai dipuncak.

Obyek di lapangan Gunung Bae yang dapat di nikmati adalah hutan tropis, tumbuhan rotan muda (Calameae), kondisi yang lembab juga merupakan salah satu penjernihan pernapasan saat mendaki, di antara 1000an m-dpl pendaki dapat mengamati atau melakukan observasi dari jumlah burung maupun jenisnya, suhu puncak berkisar antara 12 sampai 7 derajat celcius, jika pendaki merasa dan bertanya-tanya tentang persediaan air, mulai dari kaki gunung sampai puncak pendaki dapat menemukan persediaan air jika manajemen hutan dan gunung sesuai dalam pengaturan dari pendaki tersebut.

Ketika sampai dipuncak, maka akan dijumpai sebuah pilar yang tingginya 40 Cm. Tidak seperti puncak gunung lainnya, puncak Gle bae sangat luas dan pepohonan disekitar diselimuti oleh lumut.

Gunung Gle Bae adalah gunung aktif yang berada di perbukitan Bukit Barisan, Kabupaten Aceh Besar. Gunung ini memiliki gunung tetangga yang lebih tinggi, yaitu Gle Meundom, yang berjarak 3,8 km ke arah barat.

Gunung Gle Bae berada di dekat Gunung Batu, Cot Papeun Cut, Gle Sijuk, Gunung Duek, Gle Gohdua, Pegunungan Meukurah.