Profil Gunung Gle Raja - Aceh Besar

Gunung Gle Raja adalah gunung yang terletak di antara kecamatan Lhok nga dan kecamatan Darul Imarah, Indrapuri serta Suka Makmur di kabupaten Aceh Besar. Gunung ini memiliki ketinggian 1.658 mdpl. Nama Gle Raja memiliki arti "Gunung Raja". Gunung ini menjulang di antara pesisir Krueng Raya, Aceh Besar, Kota Banda Aceh, Lhong, Aceh Besar, dan Lamno, Aceh Jaya. T.3330 adalah nomor Seri tugu pilar Gunung Gle Raja.

Profil Gunung Gle Raja - Aceh Besar
Sumber gambar : https://timesofaceh.com/

Gunung ini  merupakan kawasan karst yang banyak dijumpai gua dan sungai bawah tanah juga menjadi pemasok ketersediaan air tanah yang sangat dibutuhkan oleh kawasan yang berada di bawahnya.

Gle Raja dikenal memiliki keindahan tersendiri yang jarang dimiliki gunung-gunung lain di Aceh. Karena keindahan dan keunikan yang dimilikinya, Gle Raja kerap menjadi tujuan para pendaki untuk menaklukkan puncaknya.

Puncak Gle Raja diakui sebagai puncak tersulit untuk bisa dicapai di antara sekian banyak puncak gunung yang berjejer menjadi latar belakang kota Banda Aceh.

Untuk mencapai puncaknya, bisa dimulai naik melalui desa Lam Ara Tunong, kecamatan Kuta Malaka kabupaten Aceh Besar. Untuk mencapai puncak rata-rata pendakian dilakukan selama 5-7 hari.

Di puncak Gunung Gle Raja terdapat pilar trianggulasi (penanda puncak gunung) kolonial Belanda berseri T.3330 di atas batu dalam keadaan utuh. Pilar tersebut dibuat Belanda pada tahun 1938 yang dikomandoi oleh ENDO Marsose yang berasal dari Medan.